Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
Bisnis

Perpedin Ucapkan Selamat ke Yuliot Tanjung Jabat Wakil Menteri Investasi/BKPM Pertama RI

×

Perpedin Ucapkan Selamat ke Yuliot Tanjung Jabat Wakil Menteri Investasi/BKPM Pertama RI

Sebarkan artikel ini
Ketua Umum Perkumpulan Pengusaha Disabilitas Indonesia (Perpedin), Bambang Susilo. Foto: ist.
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Umum Perkumpulan Pengusaha Disabilitas Indonesia (Perpedin), Bambang Susilo memberikan selamat atas dilantiknya Yuliot Tanjung sebagai Wakil Menteri Investasi/BKPM RI oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Jakarta pada Kamis (18/7/2024) kemarin.

“Jabatan pertama dalam sejarah Wakil Menteri Investasi,” kata pria yang bisa disapa Bamsoes itu, saat dihubungi Teropongnews di Jakarta, Sabtu (20/7/2024).

Example 300x600

Bamsoes sudah mengenal dekat Yuliot Tanjung sejak lima tahun lalu. Ia berharap dengan dilantiknya Yuliot, serta lahirnya posisi baru Wakil Menteri/BKPM ini, ke depan bisa semakin mempercepat penanganan berbagai permasalahan investasi di Indonesia.

Baca juga: Ormas Keagamaan Dapat Karpet Merah, Pengusaha Disabilitas dari PERPEDIN Tak Diberi Izin Operasikan Tambang di Klaten

Permasalahan investasi seperti, kata Bamsoes, pada sektor tambang mineral dan batuan (pasir) di Klaten, Jawa tengah. Hal mana dialami oleh anggota Perpedin dari PT Bambs Messir Mukti, yang diganjal Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi (IUP-OP) oleh pemerintah.

Dengan demikian, pihaknya yang sudah mengantongi IUP Eksplorasi sejak 2021 lalu, sampai saat ini, tidak bisa mengembangkan investasi di sana. Sementara perusahaan tidak berizin justru liar diduga kerap melakukan penambangan ilegal dan tak tersentuh hukum.

Itu terjadi setelah terbit Peraturan Daerah (Perda) Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) soal aturan zonasi.

Bamsoes mengharapkan, Yuliot yang akan bekerja sehari-sehari membantu Menteri Bahlil Lahadalia tersebut, dapat memberi jalan keluar atas permasalahan yang menimpa pengusaha disabilitas dari Perpedin di Klaten.

Baca juga: Pengusaha PERPEDIN Dipersulit Pemda Kabupaten Klaten soal IUP-OP Tambang, Anak Buah Bahlil Angkat Bicara

“Semoga dengan adanya porsi jabatan baru bisa menyelesaikan problem investasi. Harapan Perpedin semoga kasus anggota kita yang di tambang kemarin segera mendapat atensi,” ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi melantik tiga wakil menteri (Wamen) baru adalah Thomas Djiwandono dilantik sebagai Wakil Menteri Keuangan II, Sudaryono sebagai Wakil Menteri Pertanian, dan Yuliot Tanjung sebagai Wakil Menteri Investasi/BKPM.

Presiden Jokowi melantik ketiganya dengan membacakan sumpah jabatan yang kemudian diikuti seluruh Wakil Menteri tersebut.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Jokowi diikuti ketiga wakil menteri yang baru.

Example 300250
Example 120x600