Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Kemanusiaan

Peringati Hari Anak Nasional, Grup ANJ Perkuat Akses Pendidikan Dasar untuk Anak-anak di Sekitar Perusahaan

×

Peringati Hari Anak Nasional, Grup ANJ Perkuat Akses Pendidikan Dasar untuk Anak-anak di Sekitar Perusahaan

Sebarkan artikel ini
Foto: anj-group.com.
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ) terus berkontribusi dalam memajukan pendidikan anak-anak di Indonesia utamanya dalam menyambut Hari Anak Nasional.

Head of Community Involvement and Development (CID) ANJ Arianto Wibowo mengatakan pihaknya percaya bahwa pendidikan merupakan kunci utama untuk membangun masa depan bangsa yang lebih cerah.

Example 300x600

Ia berkata, ANJ menyadari bahwa pendidikan merupakan kebutuhan yang pokok bagi anak-anak di Indonesia. Oleh karena itu, ANJ fokus pada meningkatkan akses pendidikan yang berkualitas bagi anak-anak di sekitar wilayah operasinya.

“Ini sejalan dengan visi dan misi perusahaan, serta sebagai bagian dari kontribusi terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB/SDGs) tujuan 4, yaitu Pendidikan Berkualitas,” kata dia dikutip dari situs resmi di Jakarta, Rabu (24/7/2024).

Arianto melanjutkan, pendidikan merupakan kebutuhan pokok bagi anak-anak karyawan yang berada di perusahaan maupun masyarakat sekitar.

“Kami meyakini dengan tersedianya akses pendidikan yang baik dapat mendukung aktivitas binis perusahaan dengan meningkatkan kenyamanan karyawan tinggal di tempat kerja. Oleh karena itu, ANJ berfokus pada peningkatan akses pendidikan berkualitas bagi anak-anak masyarakat setempat dan karyawan perusahaan,” ujarnya.

Menyadari pentingnya pendidikan sebagai hak fundamental dan kunci kemajuan, ANJ berkomitmen untuk menyediakan akses pendidikan bagi anak-anak karyawan.

“Melalui berbagai program seperti peningkatan fasilitas dasar yang masih kekurangan, peningkatan kompetensi guru serta kegiatan kesiswaan yang meningkatkan kreativitas dan karakter siswa,” ujar Arianto Wibowo.

ANJ memiliki sekolah internal di beberapa site yang terdiri dari tingkatan TK, SD dan SMP. Pada area operasional di mana ANJ tidak memiliki sekolah internal.

“ANJ melakukan program-program peningkatan kualitas pendidikan di sekolah sekitar perusahaan,” katanya.

Salah satu contohnya adalah “Program Pengembangan Sekolah Luar” di PT Kayung Agro Lestari (KAL) Kalimantan Barat, yang telah meningkatkan kualitas pendidikan di tiga sekolah, yaitu di SDN 8 Desa Laman Satong, SDN 9 Sesa Laman Satong, dan SMPN 3 Matan Hilir Utara melalui Program Pengembangan Sekolah Luar.

“Inisiatif yang dilakukan oleh KAL mencakup perbaikan kondisi fisik sekolah, termasuk perbaikan fasilitas sanitasi dan penyediaan kursi, meja, dan peralatan penting lainnya,” katanya.

Selain itu, upaya peningkatan kapasitas guru dan siswa juga dilakukan melalui berbagai program seperti “Kelas Inspiratif” untuk memberikan inovasi pembelajaran, “Kelas Bersinar” untuk meningkatkan kerapihan dan kebersihan di kalangan siswa dan program “Menggapai Bintang” untuk meningkatkan keaktifan dan pembentukan karakter siswa.

Lebih lanjut Arianto menjelaskan, PT Austindo Nusantara Jaya Agri Siais (ANJAS), anak perusahaan ANJ di wilayah Sumatra Utara, telah menjalankan program peningkatan sekolah di SMPN 4 Angkola Selatan.

Menurut dia, salah satu aspek penting adalah membangun akses jalan dari perkebunan ke sekolah untuk memastikan kemudahan perjalanan bagi siswa.

“Selain itu, kami telah memberika bantuan untuk peningkatan fasilitas dasarg seperti meja, kursi, papan tulis, dan toilet untuk meningkatkan lingkungan belajar. ANJAS juga mendukung pembentukan komite sekolah, Melakukan sosialisasi dan pembentukan Unit Kesehatan Siswa (UKS) dan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), menyelenggarakan lokakarya perencanaan program sekolah, dan memberikan bantuan pengajaran kepada para guru,” kata Arianto.

“Di Hari Anak Nasional ini, mari wujudkan generasi penerus bangsa yang cerdas, berkarakter, dan siap membangun Indonesia yang lebih gemilang,” tutur Arianto memungkasi.

Example 300250
Example 120x600