Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
Opini

Mengapa Harus Dolly Lagi Memimpin Tapanuli Selatan Sampai 2029.?

×

Mengapa Harus Dolly Lagi Memimpin Tapanuli Selatan Sampai 2029.?

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, TAPSEL – Dolly Sudah Memiliki Gen Kepemimpinan
Siapa yang tidak kenal dengan nama DOLLY PUTRA PARLINDUNGAN PASARIBU ? Dolly merupakan anak sulung kedua dari Alm. Drs. H. Panusunan Pasaribu seorang tokoh birokrat dan politikus yang juga pernah menjabat sebagai Bupati Tapanuli Tengah pada tahun 1995 sampai dengan tahun 2001.

Turunan gen atau darah kepemimpinan seorang Dolly Pasaribu sudah ada mengalir sejak dalam kandungan di rahim Ibunya. Darah kepemimpinan seorang Dolly Pasaribu didapat dari Alm. Ayahnya. Saat ini, gen kepemimpinan milik Dolly sedang dipakai untuk memimpin Kabupaten Tapanuli Selatan.

Example 300x600

Dolly Mendapat Berbagai Penghargaan Sejak Memimpin Tapsel DOLLY PUTRA PARLINDUNGAN PASARIBU atau biasa disapa Bang Dolly, saat ini menjabat sebagai Bupati Tapanuli Selatan, Sumatera Utara periode 2021 sd 2026. Putra kelahiran Medan, berdarah Marancar, Tapanuli Selatan, sejak tahun 2021 menjabat sebagai Bupati Tapanuli Selatan.

Tiga tahun sudah berjalan, Dolly memimpin Tapanuli Selatan sejak tahun 2021 sampai saat ini tahun 2024. Berbagai capaian atas kinerjanya sebagai Bupati membuahkan hasil pencapaian yang baik.

Tidak tanggung-tanggung, dalam kurun waktu tiga tahun Dolly memimpin, puluhan penghargaan dari Pemerintah Pusat dan provinsi telah diraih oleh Dolly sebagai Bupati atas kinerjanya dalam memimpin Pemerintah Daerah Tapanuli Selatan.

Berbagai penghargaan dari Pemerintah Pusat dan Provinsi tersebut adalah penghargaan bergengsi yang didambakan setiap Kepala Daerah di seluruh Indonesia. Penghargaan tersebut yaitu sebagai berikut :

Penghargan dari Pemerintah Pusat :
Penghargaan Manggala Karya Kencana kepada Bupati Kabupaten Tapanuli Selatan Dalam Rangka Hari Keluarga Nasional Dalam Upaya Percepatan Penurunan Stunting oleh BKKBN RI tahun 2024;

Penghargaan Manggala Karya Kencana kepada TP PKK Kabupaten Tapanuli Selatan Dalam Rangka Hari Keluarga Nasional Dalam Upaya Percepatan Penurunan Stunting oleh BKKBN RI tahun 2024;

Kabupaten Tapsel berhasil mempertahankan penghargaan atas pencapaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Opini WTP tahun 2023 diterima tahun 2024 (WTP ke-10 berturut-turut) dari Badan Pengawas Keuangan RI.

Penghargaan Satyalancana Dharma Aditya Karya Mahatva Yodha oleh Pengurus Karang Taruna Nasional Tahun 2023;
Kabupaten Tapsel berhasil mempertahankan penghargaan atas pencapaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tahun 2022 diterima tahun 2023 (WTP ke-9 berturut-turut) dari Badan Pengawas Keuangan RI.

Menerima Anugrah Prakasa Inklusi atas penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak disabilitas serta penganggaran dari Komisi Nasional Disabilitas RI tahun 2023; Menerima Sertifikat Akreditasi UTAMA dari Kementrian Kesehatan RI untuk Puskesmas Sayur Matinggi, Batu Horpak dan Huta Raja, Kabupaten Tapanuli Selatan sebagai pengakuan fasilitas pelayanan kesehatan telah memenuhi standar akreditasi,

Tahun 2023; Juara 1 Paviliun Terbaik Pemerintah Kabupaten/Kota oleh Tim Roadshow Bus KPK Tahun 2023; Menerima Sertifikat Akreditasi PARIPURNA dari Kementrian Kesehatan RI untuk Puskesmas Danau Marsabut, Kabupaten Tapanuli Selatan sebagai pengakuan fasilitas pelayanan kesehatan telah memenuhi standar akreditasi, Tahun 2023 Penghargaan sebagai Tokoh Muda Inspiratif Sumut atas Jasa dan Pengabdian yang Diberikan dalam Membangun Sumut tahun 2023.

Penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak Kategori Pratama tahun 2021 dan 2022 serta naik menjadi Kategori Madya tahun 2023 dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI
Penghargaan atas Dukungan Kerjasama dan Kontribusinya dalam Menyukseskan Program Pelestarian Bahasa Daerah dalam Platform Merdeka Belajar Episode ke-17, Revitalisasi Bahasa Daerah Tahun 2022 diperoleh tahun 2023 dari Kemendikbud Ristek.

Kabupaten Tapsel berhasil mempertahankan penghargaan atas pencapaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tahun 2021 diterima tahun 2022 (WTP ke-8 berturut-turut) dari Badan Pengawas Keuangan RI Penghargaan Predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik tahun 2021 dan tahun 2022 (Opini Pengawasan Penyelenggaran Publik) dari Ombudsman RI.

Sertifikat Digital Initiative Award kategori Inovasi Program ETPD Terbaik tahun 2022 dari Bank Indonesia.Penghargaan sebagai Percontohan dalam Upaya Perlindungan Bahasa Daerah melalui Kegiatan Revitalisasi Bahasa di Kabupaten Tapsel tahun 2021 dari Pusat Pengembangan dan Perlindungan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud Ristek Anugerah Tangguh Adhiwirasana dalam Hal Penanganan Covid-19 Terbaik se-Indonesia dari Presiden RI pada tahun 2021.

Dari sisi pengelolaan anggaran, Kabupaten Tapsel berhasil mempertahankan penghargaan atas pencapaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tahun 2020 diterima tahun 2021 (WTP ke-7 berturut-turut) dari Badan Pengawas Keuangan RI.;Raihan dan Penghargaan dari Pemerintah Provinsi Mempertahankan Desa Gunung Baringin, Kecamatan Angkola Selatan sebagai Juara 1 selama tiga tahun berturut-turut untuk Lomba Desa Binaan PTP2WKSS Tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2023;

Mewakili keluarga Menerima Anugrah Tokoh Inspiratif Dalihan Natolu Sumatera Utara kepada Almarhum Drs. H. Panusunan Pasaribu sebagai tokoh yang telah berkontribusi dalam membangun Tapanuli Bagian Selatan dan Sumatera Utara; Menerima Piagam Penghargaan atas dukungan dalam pelaksanaan Program Merdeka Belajar di Kabupaten Tapanuli Selatan dari Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, dari Consultan Leader Merdeka Belajar Sumuteraa Utara dan dari Kepala Balai Besar Guru Penggerak Provinsi Sumatera Utara, tahun 2023; Juara III Audit Kasus Stunting. Juara III laporan TPPS/Narasi Tim TPPS Semester I, Juara Harapan I kampong KB dan Technical Assitant terbaik se Sumatera Utara, tahun 2023;

Dolly Menjadi Role Model Kepemimpinan Walikota se-Indonesia Pada waktu bulan Juni 2024. Dolly Pasaribu selaku Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) menjadi pembicara di depan Wali Kota se-Indonesia pada Kick Off Integrated Sustainability Indonesia Movement (I-SIM) for Cities 2024 melalui zoom meeting, pada hari Senin tanggal 24 Juni 2024.

Dalam acara Kick Off (I-SIM) for Cities 2024, dolly menyampaikan di hadapan seluruh walikota se- Indonesia dengan mengatakan “I-SIM SDG’s ini sendiri mengambil filosofi no one left behind yang ia artikan, semua pihak berperan penting untuk pembangunan berkelanjutan,” 

Ajang yang diselenggarakan oleh Kementerian PPN/Bappenas, bekerjasama dengan PT Surveyor Indonesia, Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), dan Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) adalah bertujuan untuk menggerakkan pembangunan berkelanjutan di kabupaten dan kota seluruh Indonesia.

Menjadi pembicara dihadapan walikota se-Indonesia, tentu bukan hal mudah. Pastinya ada alasan kenapa Dolly dipilih oleh Kementerian PPN/Bappenas menjadi role model sebagai pembicara dalam acara tersebut. Alasan yang pasti adalah karena berbagai keberhasilan dolly dalam memimpin Tapanuli Selatan dalam kurun waktu tiga tahun ini.

Sehingga dolly dipercaya sebagai pembicara atau role model pencapaian keberhasilan gaya kepemimpinananya sebagai Kepala Daerah.Pengabdian Adalah Gaya Kepemimpinan Dolly Sangat Disukai Masyarakat Tiga tahun adalah waktu yang masih singkat dalam memimpin sebuah daerah maupun organisasi.

Bagi Dolly, tiga tahun merupakan waktu cukup untuk membuktikan pengabdian Dolly kepada masyarakat Tapanuli Selatan. Tentunya, gaya keterbukaan Dolly dalam menerima pengaduan masyarakat terhadap sesuatu yang terjadi, selalu direspon dengan baik. Dolly bahkan langsung turun ke lokasi dimana masyarakat membutuhkan bantuan, baik bantuan untuk kesehatan, pendidikan, dan terakhir korban bencana kebakaran di Lingkungan II, Pargarutan, Kecamatan Angkola Timur, Tapanuli Selatan.

Dolly Lahir dan besar dari keluarga yang memiliki kekuatan basis ekonomi yang kuat. Secara psikologis, kebutuhan pribadi seorang Dolly saat ini bukan lagi orientasi di level ekonomi elementer, melainkan kebutuhan di level pengakuan. Maka yang paling mungkin untuk dicapai Dolly dalam kepemimpinannya menjai Bupati di Tapanuli Selatan adalah prestasi dan legacy. Keadaan demikian membuat Dolly lebih memilih kehormatan dan gengsi atau rasa malu, dibandingkan dengan hal-hal yang merugikan nama baiknya dan keluarga.

Dolly Memiliki Pribadi Religius
Dolly sebagai Bupati Tapanuli Selatan yang menganut paham Nasionalisme, juga dikenal sebagai pribadi yang religius. Kemanapun Dolly menjalankan tugas sebagai Kepala Daerah, kewajiban ibadahnya kepada Allah Subhanawataala tidak tertunda.Bahkan di Pemerintahan Kabupaten Tapanuli Selatan, Dolly memerintahkan kepada seluruh para ASN yang muslim, agar menghentikan pekerjan ketika waktu beribadah sholat telah tiba.

Sebagai Bupati Tapanuli Selatan, Dolly menyadari bahwa jabatan yang diraihnya saat ini adalah atas ridho orangtua dan juga takdir yang telah diberikan Allah kepadanya.Saat ini Dolly Purta Parlindungan Pasaribu, akan maju kembali sebagai kandidat Calon Bupati Tapanuli Selatan. Restu dari Ibunda Dolly dan Istrinya telah didapatkan. Ditangan Dolly Pasaribu berbagai raihan dan penghargan bergengsi telah diraihnya.

Gaya kepemimpinan pengabdian Dolly dalam kurun waktu 3 tahun sebagai Bupat Tapanuli Selatan, sudah sangat cukup membuktikan jika Dolly layak melanjutkan kepemimpinan sebagai Bupati Tapanuli Selatan Periode 2024 sampai dengan 2029.Tapanuli Selatan saat ini masih sangat membutuhkan sentuhan lembut tangan Dolly Pasaribu agar kembali memimpin Tapanuli Selatan, guna melanjutkan pembangunan sesuai dengan Visi dan Misi Dolly Pasaribu.

Disadur dari berbagai sumber yaitu :
Wikipedia Instagram Pribadi Dolly Pasaribu

Example 300250
Example 120x600