Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Bisnis

KAI-HaiBolu Perkuat Digitalisasi dan HAKI Dorong UMK Indonesia Naik Kelas

×

KAI-HaiBolu Perkuat Digitalisasi dan HAKI Dorong UMK Indonesia Naik Kelas

Sebarkan artikel ini
Foto bersama 24 MiKA (UMK Binaan dan Mitra PT. KAI) yang menjadi peserta pelatihan UMKM MiKA Next Class pada tanggal 24 Juli 2024, di Yogyakarta. Foto: istimewa.
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – HaiBolu, bagian dari PT Belajar Tumbuh Berbagi, anak perusahaan Bukalapak, berkolaborasi dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menyelenggarakan kegiatan Program Pelatihan UMK MiKA Next Class.

Program ini merupakan implementasi komitmen dalam memajukan perekonomian masyarakat melalui pelatihan dan pendampingan Usaha Mikro dan Kecil (UMK) Binaan dan Mitra PT. KAI (yang biasa disingkat MiKA), dilaksanakan melalui program edukasi secara offline selama 2 hari dan dilanjutkan dengan pendampingan materi selama dua bulan.

Example 300x600

Mengangkat tema “MiKA Next Class: Siap Go Digital untuk Bangun Bisnis Berkelanjutan”, pelatihan ini akan fokus membahas bagaimana UMK bisa terus bertumbuh dan berkembang melalui penerapan teknologi dan media sosial dalam rangka memanfaatkan dan mengoptimalkan pasar online sebagai kanal marketing dan penjualan.

Para peserta juga mendapatkan fasilitas pembekalan, pendampingan hingga pendaftaran sertifikasi Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). Program Pelatihan MiKA Next Class merupakan salah satu program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PT KAI dalam pengembangan UMK.

Pada pelatihan ini terpilih sebanyak 24 MiKA unggulan dengan performa dan potensi bisnis terbaik. Kegiatan ini dibuka dengan penyerahan plakat dan sambutan dari Sandra Pridaswara, VP Corporate Social Responsibility PT KAI dan Tine Ervina, CEO PT Belajar Tumbuh Berbagi di Yogyakarta.

“Kami percaya bahwa penggunaan teknologi informasi dan media sosial memegang peran yang krusial dalam memajukan MiKA khususnya dan UMK pada umumnya, karena secara langsung dapat membantu mereka dalam menghadapi tantangan ekonomi. Melalui kolaborasi dengan Haibolu ini, kami terus berkomitmen untuk memperbesar dan mengoptimalkan peluang bagi UMK untuk terus bertumbuh dan berkembang melalui bisnis digital serta perlindungan melalui HAKI,” ujar VP Corporate Social Responsibility PT KAI Sandra Pridaswara dalam rilis pers dikutip di Jakarta, Jumat (26/7/2024).

Sementara, Tine Ervina menyampaikan bahwa UMK berperan penting dalam menggerakkan perekonomian nasional. Oleh karena itu, diperlukan dukungan kuat dari berbagai pihak untuk dapat terus bertumbuh ke depannya.

“Melalui kerjasama ini, kami bersama PT KAI memfasilitasi UMK untuk bisa berpikir maju, juga mempersiapkan bisnis mereka menjadi UMK yang naik kelas. HaiBolu juga membuka peluang kerjasama bagi perusahaan maupun organisasi, termasuk BUMN dan berbagai pihak swasta, yang ingin mengambil peran mendukung pertumbuhan UMK di Indonesia,” tambahnya.

Sunaryo, pemilik Rumah Makan Kampung Sawah, salah satu peserta pelatihan, menyampaikan bahwa kelas pelatihan MiKA Next Class: Siap Go Digital membuatnya optimis untuk ikut bersaing di platform digital. “Pelatihan dari KAI ini sangat berkesan.

“Saya mendapat banyak inspirasi, khususnya bagaimana untuk tetap eksis di dunia serba digital dengan berbagai tips dari pemateri, juga bagaimana memilih platform yang tepat untuk bisnis kami,” katanya.

Peserta lainnya, Mila Safina, pemilik Berkah Konveksi menyampaikan bahwa pelatihan ini memberikan kesempatan bagi para pemilik bisnis baru mendapatkan hak paten dan sertifikasinya, juga mempersiapkan diri untuk go digital.

“Materi soal tips membuat konten menurut saya paling berkesan. Pelatihan ini tidak hanya membantu kami untuk siap go digital, tapi juga bahkan go international. Semoga kami bisa benar-benar menerapkan ilmu pemasaran digital untuk membangun bisnis kami,” ujarnya.

Melalui kolaborasi kedua pihak, program ini diharapkan bisa mendorong semangat berbagai pihak untuk berkontribusi mendukung kemajuan UMK di Indonesia.

Example 300250
Example 120x600