Berita

Disperindagkop Merauke Luncurkan Inovasi Penyederhanaan Pelayanan Dasar Perizinan

×

Disperindagkop Merauke Luncurkan Inovasi Penyederhanaan Pelayanan Dasar Perizinan

Sebarkan artikel ini
Delapan informasi tata cara pelayanan perizinan perdagangan

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Bidang Perdagangan Dinas Perindagkop Kabupaten Merauke meluncurkan satu inovasi baru untuk menyederhanakan proses pelayanan dasar perizinan di Bidang Perdagangan melalui media sosial Facebook dan Instagram resmi dengan nama akun Pelayanan Informasi Perdagangan.

Kabid Perdagangan, Dinas Perindagkop Merauke, Haidi Sivana mengatakan layanan dasar perizinan dapat diakses melalui dua akun tersebut sebelum dilanjutkan ke Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA). Sebab, peluncuran inovasi baru ini telah dilaunching tanggal 4 Juli 2024 kolaborasi dengan Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Merauke melalui OSS-RBA atau Perizinan Berusaha Berbasis Risiko.

OSS-RBA adalah perizinan berusaha yang diberikan kepada pelaku usaha untuk memulai dan menjalankan kegiatan usahanya yang dinilai berdasarkan tingkat risiko kegiatan usaha.

“Layanan yang perizinan yang dipermudah
yaitu izin minuman beralkohol, tanda daftar gudang, serta rekomendasi-rekomendasinya mulai disederhanakan untuk mempercepat, dan mempermudah pelaku usaha. Bidang Perdagangan telah membuka akun Facebook dan Instagram resmi dengan nama akun pelayananinformasiperdagangan Merauke guna dapat diakses pelaku usaha. Dengan akun media sosial yang resmi ini, pelaku usaha tidak perlu datang ke kami, mereka bisa mengakses informasi melalui pelayanan di akun resmi Facebook dan Instagram,” ujar Kabid Perdagangan, Selasa (9/7/2024) di Merauke.

Dikatakan, seluruh informasi berkaitan dengan perdagangan yang dibutuhkan akan diupdate di dua akun tersebut, termasuk perkembangan harga bahan makanan pokok di pasar dapat dipantau melalui akun yang sudah tersedia.

Haidi berharap, dengan hadirnya dua akun resmi pelayanan informasi perdagangan ini akan memberikan kemudahan dan mempercepat layanan yang dibutuhkan masyarakat berkaitan dengan perizinan.