Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Hukum

Capaian Kejari Blitar: Sambut Hari Bhakti Adhyaksa ke-64

×

Capaian Kejari Blitar: Sambut Hari Bhakti Adhyaksa ke-64

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA- Sambut Hari Bhakti Adhyaksa ke-64, Kejaksaan Negeri Blitar, menyampikan hasil capaian yang signifikan dalam berbagai bidang selama periode Januari hingga Juli 2024.

Dibidangi Intelijen, Kejari Blitar aktif dalam menyelenggarakan kegiatan penyuluhan dan penerangan hukum. Selama semester pertama tahun 2024, seksi intelijen menyelenggarakan empat kegiatan penyuluhan hukum dengan total peserta sebanyak 166 orang.

Example 300x600

Hal tersebut diungkapkan Kasipenkum Kejari Blitar, Prabowo Saputro dalam keterangan pers, Senin (22/7/24) melalui pesan singkat.

Jaksa Prabowo mengatakan, selain program Jaksa Masuk Sekolah/Pesantren juga berjalan dengan sukses, mencakup 6 kegiatan yang dihadiri oleh 1.492 peserta. Pada sektor pendampingan proyek strategis daerah, tercatat 7 kegiatan dengan nilai kontrak mencapai Rp 109.867.904.641.

“Kemudian seksi tindak pidana umum, berhasil menangani sejumlah besar perkara dengan efisiensi dimana terdapat 286 Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) dan menyelesaikan 218 berkas tahap 1. Sebanyak 225 perkara telah mencapai tahap berkas lengkap (P.21), sementara 226 perkara telah mencapai tahap penyerahan tersangka dan barang bukti (Tahap 2). Program Restorative Justice (RJ) juga telah menyelesaikan 12 perkara, sedangkan eksekusi berkas (P.48) mencapai 187 perkara,” ucap Prabowo.

Dia juga mengungkapkan, bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun), Kejari Blitar aktif dalam memberikan bantuan hukum baik litigasi maupun non-litigasi yaitu 1 bantuan hukum ligitasi dan 5 non ligitasi.

“Mereka telah memberikan 5 pendampingan hukum dan 5 pertimbangan hukum serta berhasil mendampingi penagihan piutang PBB sebesar Rp 7.170.000.000,-. Mereka juga berhasil memediasi piutang PBB antara Perum Jasa Tirta dengan Bapenda Kabupaten Blitar senilai Rp 4,5 miliar yang akan segera dibayarkan,” tuturnya.

Selain itu, Jaksa Prabowo juga memaparkan, pihaknya berhasil menandatangani tiga perjanjian kerjasama/MoU. Dalam upaya pemulihan dan penyelamatan keuangan negara, total dana yang berhasil dipulihkan dan diselamatkan mencapai Rp 629.941.651.

“Kemudian seksi tindak pidana khusus menunjukkan dedikasi dalam menangani kasus-kasus khusus, terutama kasus korupsi. Mereka berhasil menangani 2 kasus prapenuntutan dari Polri serta 2 kasus penyelidikan, penyidikan, penuntutan, dan eksekusi yang berasal dari Kejaksaan sendiri. Di samping itu, mereka juga menangani kasus tindak pidana lainnya dengan menyelesaikan 1 kasus penyidikan, 2 kasus penuntutan, dan 2 kasus eksekusi,” imbuh Prabowo.

Jaksa Prabowo menambahkan, capaian ini mencerminkan komitmen Kejari Blitar dalam menjalankan tugasnya untuk memberikan perlindungan hukum, menegakkan keadilan, serta mengamankan kepentingan negara dan masyarakat.

“Diharapkan capaian ini dapat terus ditingkatkan demi peningkatan pelayanan dan keadilan bagi seluruh lapisan masyarakat. Harapannya semoga dengan bertambah usia nya kejaksaan dapat lebih dirasakan kehadirannya di tengah masyarakat,” tutupnya. Sofyan

Example 300250
Example 120x600