Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

99 Siswa Dikmata TNI AL Angkatan XLIV Dilantik

×

99 Siswa Dikmata TNI AL Angkatan XLIV Dilantik

Sebarkan artikel ini
Upacara pelantikan dan penyumpahan 99 siswa Dikmata TNI AL angkatan XLIV Satdik-3 Kodiklatal Sorong tahun 2024. (Foto:Mega/TN).
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Sebanyak 99 Siswa Pendidikan Pertama Tantama (Dikmata) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) angkatan XLIV Satdik-3 Kodiklatal Sorong tahun 2024 dilantik dan disumpah.

Pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut dilakukan oleh Wakil Komandan Kodiklatal Laksamana Muda TNI Eko Wahjono, S.E.M.M bertempat di Mako Satdik-3, Katapop, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, Senin (29/7/2024).

Example 300x600

Diketahui, 99 orang siswa Dikmata tersebut terdiri dari Korp Angkutan sebanyak 67 orang, dan listrik 32 orang, untuk penempatan di wilayah kerja Koarmada III.

Wakil Komandan (Wadan) Kodiklatal Laksamana Muda TNI Eko Wahjono menyampaikan selamat dan sukses kepada 99 orang siswa atas pelantikan menjadi TNI AL dengan pangkat Klasi dua.

“Melalui sumpah yang baru saja diucapkan, saat ini siswa secara resmi menjadi prajurit TNI AL. Untuk itu saya ingatkan bahwa saudara telah berjanji kepada Tuhan yang maha Esa untuk menjalankan segala kewajiban sebagai seorang prajurit Jalasena dengan penuh rasa tanggungjawab, tunduk kepada hukum dan memegang teguh disiplin keprajuritan,”jelasnya.

Wadan Kodiklatal juga menyampaikan, keberhasilan dalam menyelesaikan pendidikan ini, siswa tidak boleh larut dalam kebanggaan menjadi prajurit TNI AL.

“Karena meskipun sudah menyandang pangkat, dan punya NRP, namun saudara masih berstatus siswa yang harus menyelesaikan semua tugas pendidikan tahap dasar golongan lanjutan selama 2 bulan,”ujarnya.

Selanjutnya, dalam pendidikan dasar golongan nanti, para siswa akan dibekali dengan pengetahuan serta keterampilan profesi matra laut sesuai dengan korp dan kejuruan masing -masing.

Wadan Kodiklatal juga memberikan beberapa arahan yang pertama, tingkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang maha Esa sebagai landasan moral dalam memperteguh mental selama mengikuti pendidikan.

Kedua, laksanakan semua norma peraturan dan tata tertib pendidikan yang berlaku di lingkungan Sasdik-3 Kodiklatal dengan tetap berpedoman dengan Sapta Marga, serta sumpah prajurit TNI AL.

Ketiga, laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan disiplin yang tinggi guna mendukung kelancaran selama mengikuti pendidikan dasar golongan lanjutan.

Ke empat, tumbuh kembangkan jiwa korsa dan kepedulian antar sesama siswa yang telah terbentuk dengan saling membantu dalam mengatasi setiap permasalahan pendidikan.

Kelima, pertahankan dan bina terus kondisi fisik dan mental, serta jaga kesehatan guna mendukung semua tugas-tugas pada tahap pendidikan dasar golongan lanjutan.

“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Pangkoarmada III, Danlantamal XIV, Danpasmar 3, serta semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya program pendidikan ini, sehingga dapat terlaksana dengan baik, aman dan lancar, imbuhnya,”pungkasnya.

Dalam upacara pelantikan dan pengambilan sumpah, juga menampilkan sejumlah atraksi yang dilakukan oleh 99 siswa Dikmata, diantaranya Karate, demo bongkar pasang senjata, dan atraksi ketangkasan, serta atraksi baris berbaris.

Example 300250
Example 120x600