BeritaDaerah

Tim Teknis Penilaian AMDAL Kabupaten Merauke Digenjot Peningkatan Kapasitas dan Kompetensi

×

Tim Teknis Penilaian AMDAL Kabupaten Merauke Digenjot Peningkatan Kapasitas dan Kompetensi

Sebarkan artikel ini
Bimtek peningkatan kapasitas dan kompetensi Tim Teknis Penilaian AMDAL di Kabupaten Merauke

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Pemerintah Kabupaten Merauke melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Merauke menyelenggarakan Bimbingan Teknis peningkatan kapasitas dan kompetensi tim teknis Komisi Penilaian AMDAL (KPA) Kabupaten Merauke.

Tujuannya agar Tim Teknis Penilaian AMDAL memahami peraturan atau regulasi yang berkaitan dengan proses dan tahapan dalam melakukan penilaian AMDAL, serta memahami syarat dan prosedur dalam melakukan penilaian dokumen AMDAL. Bimtek peningkatan kapasitas ini menghadirkan dua narasumber dari Pusat Studi Lingkungan Hidup Universitas Gajah Mada Yogyakarta, Dr. Eko Sugiharto dan Dr. Endang Astuti.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Merauke, Dominikus Catur mengatakan, tujuan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dalam pembanguan di suatu wilayah yaitu, memberikan masukan tentang perencanaan suatu kegiatan usaha atau pembangunan, memberikan informasi kepada masyarakat tentang pengelolaan lingkungan hidup, memberikan izin usaha atau kegiatan, menjadi acuan perencanaan pembangunan pada suatu wilayah dan untuk dijadikan sebuah dokumen legal dan ilmiah.

“Tentu saja harus dibarengin dengan tingkat pemahaman dan kompetensi yang baik dari tim teknis KPA yang melakukan tugas dan fungsi dalam memberikan penilaian dan penentuan kelayakan lingkungan hidup dari setiap usaha atau kegiatan yang memiliki dampak penting terhadap lingkungan,” ujar Dominikus Catur dalam kegiatan di Halogen Merauke, Selasa (25/6/2024).

Untuk menghasilkan dokumen AMDAL yang representatif dan berkualitas sesuai peraturan yang berlaku maka diperlukan kecakapan baik dari kualitas SDM maupun pemahaman tentang melakukan penilaian sesuai fungsi dan keahlian masing-masing. Oleh karena itu dirasa perlu dilakukan Bimtek peningkatan kapasitas terhadap KPA di wilayah setempat.

Mengapa ini penting, karena AMDAL adalah amanat UU. Selain itu AMDAL sangat diperlukan dalam proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha dan atau kegiatan pembangunan di Indonesia. Sebab tujuan dan sasaran AMDAL adalah menjamin suatu usaha atau kegiatan pembangunan dapat berjalan secara berkesinambungan tanpa merusak lingkungan hidup.

Peserta Bimtek terdiri dari Komisi Penilaian AMDAL Kabupaten Merauke, Tim Teknis KPA Kabupaten Merauke dan Sekretariat KPA Kabupaten Merauke.