Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
Nasional

Tiga Tokoh Insinyur Sipil Nasional Diabadikan sebagai Nama Jalan Tol

×

Tiga Tokoh Insinyur Sipil Nasional Diabadikan sebagai Nama Jalan Tol

Sebarkan artikel ini
Jalan Tol Sedyatmo di Jakarta. Foto: Kementerian PUPR.
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Ada beberapa nama tokoh insinyur sipil nasional yang diabadikan sebagai nama jalan tol di Indonesia.

Tentu saja Indonesia punya banyak insyinsur sipil yang berpengaruh dalam sejarah negara ini.

Example 300x600

Sedikitnya ada tiga insinyur di Indonesia yang namanya diabadikan sebagai nama jalan tol di sejumlah kota dikutip dari Instagram @pupr_binamarga di Jakarta, Sabtu (8/6/2024).

  1. Prof. Dr. (HC) Ir. R.M. Sedijatmo

Ir. Sedijatmo dikenal karena menemukan sistem pondasi cakar ayam. Sedyatmo juga merupakan seorang guru besar luar biasa di bidang pembangkit tenaga air. Namanya diabadikan menjadi nama jalan tol penghubung DKI Jakarta dengan Bandara Soekarno-Hatta.

  1. Prof. Dr. (HC) Ir. Sutami

Ir. Sutami pernah menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum (PU) di era pemerintahan Presdien RI ke-1 Soekarno dan Presiden RI ke-2 Soeharto.

Nama sosok yang dikenal sangat sederhana ini diabadikan sebagai nama jalan tol di Makassar, tepatnya Seksi IV penghubung Jalan Tol Reformasi dengan Bandara Sultan Hasanuddin.

  1. Ir. Wiyoto Wiyono

Ir. Wiyoto Wiyono merupakan sosok di balik pembangunan sejumlah jalan layang di Jakarta, termasuk tol layang Cawang-Priok yang dibangun pada 1985.

Saat itu, Ir. Wiyoto menjabat sebagai Direktur Utama PT Jasa Marga. Namanya pun diabadikan jadi nama jalan tol layang tersebut.

Example 300250
Example 120x600