Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaDaerah

Tiga Komisariat GMNI Kota Sorong Kecam Pernyataan Ketua GEMPHA dan Kroni-kroninya Sedang Bercocoklogi

×

Tiga Komisariat GMNI Kota Sorong Kecam Pernyataan Ketua GEMPHA dan Kroni-kroninya Sedang Bercocoklogi

Sebarkan artikel ini
Tiga Komisariat GMNI Kota Sorong, Foto Hizkia/TN
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Ketua GMNI Cabang Kota Sorong Bung Angky Dimara mengkritisi janji Pj Walikota Sorong, Septinus Lobat yang menjanjikan dalam 100 hari kerja menyelesaikan permasalahan sampah, banjir hingga menurunkan angka stunting di Kota Sorong.

Istilah bercocoklogi bisa diartikan ilmu yang mencocokkan sejarah peristiwa penting yang tidak berdasar pada pada keilmuan, sehingga informasi yang didapatkan menjadi bias.

Example 300x600

Pernyataan tersebut kemudian ditanggapi Ketua Generasi Muda Pejuang Hak Adat Papua (GEMPHA PAPUA), Roger Mambraku yang Ketua GEMPHA persoalkan status Angky Dimara sebagai Ketua GMNI Kota Sorong dan menyebut mengetahui cara cari makannya yang kurang bagus.

Menanggapi pernyataan Ketua GEMPHA, Tiga komisariat GMNI Cabang Kota Sorong, Kamis (13/6/2024) malam menegaskan bahwa pernyataan Ketua GEMPHA tidak benar dan tidak mendasar.

Alexander Yenggwir, Ketua Dewan pengurus Komisariat GMNI Fisip UMS Sorong mengatakan statement yang dikeluarkan oleh Ketua GEMPHA Provinsi Papua Barat Daya yang juga sebagai bagian dari GMNI Cabang Sorong dinilai mencemarkan nama baik organisasi dan ketua DPC GmnI Kota Sorong Bung Angky Dimara.

Atas dasar pernyataan tersebut Alexander minta Ketua DPC GMNI Kota Sorong segera mengeluarkan surat teguran bila perlu melakukan rapat pleno pemecatan terhadap saudara Ketua GEMPHA yang juga kader GMNI Cabang Sorong,bila perlu diberhentikan karena dinilai tidak mencerminkan nilai-nilai senioritas dalam organisasi.

Ditempat yang sama, Yohanis Susanto, Ketua Dewan Pengurus Komisariat Trisakti Universitas Victory Sorong juga menanggapi pernyataan Ketua GEMPHA di media online yang menuding Ketua GMNI Cabang Kota Sorong Angky Dimara mencari makan dengan cara-cara menyerang Pj Walikota Sorong tidak dibenarkan.

Apa yang disampaikan Bung Angky Dimara sebagai Ketua GMNI Cabang Sorong murni sebagai bentuk kontrol angen of change terhadap janji seratus hari kerja Pj Walikota Sorong usai pelantikan bulan Agustus 2023 lalu.

Kata Yohanis, selama bergabung dengan GMNI Cabang Sorong, Yohanis Susanto menjelaskan bahwa GMNI tidak perna mencari makan dengan cara-cara menyerang pribadi seorang pejabat, apa yang disampaikan Ketua mewakili organisasi dan murni sebagai kontrol sosial terhadap kinerja pemerintah yang dinilai jauh dari harapan masyarakat.

Ketua Dewan Pengurus Komisariat Trisakti Universitas Victory Sorong mengatakan status Bung Angky Dimara sebagai Ketua GMNI Cabang Kota Sorong dilantik oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat GMNI, (DPP GMNI) Bung Arjuna Putra Aldino bersama Ketua Bidang Pergerakan Sarinah DPP GMNI, Sarina Fanda Puspita Sari.

Yohanis Susanto menambahkan Ketua GEMPHA sendiri merupakan kader GMNI cabang Kota Sorong yang seharusnya menjaga tutur kata dalam membuat suatu statement di media yang terkesan menyerang kembali nama organisasi yang telah membesarkan namanya itu.

Organisasi GMNI bukan tempat cari makan seperti yang disampaikan Ketua GEMPHA Provinsi Papua Barat Daya, GMNI Murni memperjuangkan hak-hak rakyat sesuai tema yang pernah disampaikan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat GMNI, (DPP GMNI) Bung Arjuna Putra Aldino bahwa kedua isu yang sangat krusial di tanah Papua yaitu isu kemanusiaan dan isu lingkungan menjadi fokus GMNI kedepannya.

Kader muda GMNI Kota Sorong ini justru menanyakan dimana letak kesalahan apabila organisasi GMNI mengkritisi kinerja Pj Walikota Sorong terkait janjinya menyelesaikan permasalahan banjir, sampah dan menurunkan angka stunting. Hal yang disampaikan Ketua GMNI Cabang Sorong terhadap kinerja Pj Walikota Sorong merupakan hasil analisis dari kader sendiri.

“Apakah Ketua GEMPHA selama di Kota Sorong tidak perna melihat banjir yang terus jadi, sampah berserakan dimana-mana, angka stunting masih jauh dari harapan, semua kritik yang disampaikan GMNI melalui Ketua memiliki dasar yang kuat,” kata Yohanis Susanto.

Senada dengan kedua rekannya, Jembris Soroboday, selaku dewan pengurus komisariat hukum GMNI UMS Sorong justru mempertanyakan tugas utama dari organisasi GEMPHA, ia menyebut GEMPHA sebagai organisasi yang memperjuangkan hak-hak adat orang Papua atau organisasi yang melindungi kepentingan oknum pejabat tertentu dan pemerintah.

Seharusnya yang membantah pernyataan tersebut dari organisasi pemerintah bukan organisasi GEMPHA, ini ada apa sebenarnya.?, Pj Walikota Sorong yang dikritisi, Ketua GEMPHA yang yang kebakaran jenggot.

Tiga Ketua Komisariat ini mengatakan bahwa atau jangan jangan Ketua GEMPHA PBD Roger Mambraku yang mencari makan dengan cara membantah kritikan masyarakat terhadap PJ Wali Kota Sorong.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *