BeritaBudayaKesehatan

Survei Laskesi di Puskesmas Ayamaru Selatan, Pj Bupati Maybrat Ingin Kualitas Layanan Meningkat

×

Survei Laskesi di Puskesmas Ayamaru Selatan, Pj Bupati Maybrat Ingin Kualitas Layanan Meningkat

Sebarkan artikel ini

TEROPONGNEWS.COM, MAYBRAT – Opening Meeting Tim Surveyor Lembaga Akreditasi Fasyankes Seluruh Indonesia (LASKESI) di Puskesmas Ayamaru Selatan , Distrik Ayamaru Selatan, Kabupaten Maybrat, Papua Barat Daya dibuka Asisten I Bidang Pemerintahan Dra Yohana Iek M.Si, Selasa (25/6/2024).

Mewakili Pemerintah Kabupaten Maybrat Dra. Yohana Iek M.Si dalam arahannya mengatakan surveyor Laskesi penting dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, khususnya di Puskesmas Ayamaru Selatan agar setara dengan Puskesmas lain di Kabupaten Maybrat.

Kegiatan ini menjadi langkah penting dalam memastikan kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Ayamaru Selatan lewat akreditasi yang dilaksanakan oleh tim survey dari Laskesi.

“Mari kita apresiasi tujuan diselenggarakan pembangunan kesehatan adalah meningkatkan keserakahan kemauan dan kemampuan setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang kita cintai untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan nasional diselenggarakan berbagai upaya kesehatan secara menyeluruh berjenjang dan juga terpadu dengan Puskesmas dengan namanya fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya pada kesehatan masyarakat,” kata Dra. Yohana Iek M.Si.

Pemerintah berharap semoga hasil yang dicapai nanti sesuai dengan yang diharapkan bersama karena akhir dari manfaat akreditasi adalah menjadikan semua pegawai mengetahui peta kepadatan puskesmas yang ditinjau dari semua aspek baik sarana dan prasarana petugas dan juga kinerja dengan segala rangkaian yang menyertainya dengan hadirnya akreditasi ini diharapkan masyarakat tahu persis tentang keberadaan kinerja Puskesmas bukan hanya menerima pasien saja tetapi keberadaan hakikatnya adalah Puskesmas itu sendiri.

Sekali lagi harapan kita bersama seluruh Puskesmas di Maybrat dapat akreditasi, sehingga dapat tertata serta membawa manfaat dalam upaya peningkatan mutu Puskesmas rencana pengembangan kedepannya menerapkan visi misi tujuan sasaran strategi untuk selanjutnya sebagai motivasi peningkatan mutu Puskesmas yang lebih kompetitif atau dapat bersaing dengan baik yang ada di Maybrat dan lebih khusus di Papua Barat Daya dan juga seluruh Indonesia.

Aktivitas tujuan akhir dalam pelayanan mutu di Puskesmas melainkan sebagai alat ukur sejauh mana perayaan bermutu yang lebih diterapkan oleh masing-masing Puskesmas akhir kata Saya ucapkan selamat mengikuti penilaian.

Sementara itu ketua Tim Surveyor Lembaga Akreditasi Fasyankes Seluruh Indonesia (Laskesi) Sulce Siwabessy, S.KM Ketua Tim Survey akreditasi puskesmas ayamaru Selatan menuturkan bahwa kami melakukan pemotretan terhadap puskesmas Ayamaru jaya selama 3 Hari .

“Hal yang kami lakukan berikatan
peningkatan kinerja dan penerapan manajemen risiko dilaksanakan secara berkesinambungan di Puskemas, diperlukan adanya penilaian oleh pihak eksternal dengan menggunakan standar yang ditetapkan, yaitu melalui mekanisme akreditasi. Akreditasi Puskesmas ialah pengakuan yang diberikan oleh pemerintah terhadap standar pelayanan di Puskesmas. Akreditasi penting dilakukan untuk meningkatkan mutu pelayanan serta keselamatan pasien,” ujar Sulce Siwabessy, S.KM

Tujuan diselenggarakannya pembangunan kesehatan adalah meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakatyang optimal. Untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan nasional diselenggarakan berbagai upaya kesehatan secara menyeluruh, berjenjang dan terpadu.

Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya di wilayah kerjanya

Puskesmas sebagai salah satu FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) yang difungsikan sebagai gate-keeper dalam pelayanan kesehatan. Puskesmas dituntut untuk memberikan penyelenggaraan pelayanan kesehatan masyarakat dan perorangan yang paripurna, adil, merata,berkualitas, dan memuaskan masyarakat.

Untuk dapat menghasilkan kinerja yang optimal dan berkualitas, serta dapat memuaskan masyarakat, maka seluruh sumber daya yang ada sebagai input dalam pelayanan harus dikelola secara baik menggunakan prinsip prinsip manajemen, yang dimulai sejak saat perencanaan, penggerakan, pelaksanaan, pengendalian, pengawasan dan penilaian untuk menghasilkan output yang efektif dan efisien pada semua kegiatan di puskesmas.

Turut hadir dalam kegiatan akreditasi puskesmas ayamaru selatan yakni Faber Hutahaean, S .KM Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Maybrat, Dr. Minartha Situmorang selalu surveyor TKPP, Marjhono S.Sos,. S.KM. MPM selaku surveyor TKSD-UKM, Poppy Wafom, S.Tr.Keb Kabag Dinas Kesehatan Kabupaten Maybrat, Sekdis Ayamaru Selatan Samuel Saflessa, para kepala Kampung se Distrik Ayamaru Selatan, Merry Yanti Yamita Lemauk Kepala Puskesmas Ayamaru Selatan beserta staf yang berkenan hadir.