Properti

Progres Tol IKN Segmen Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang Garapan Nindya Karya

×

Progres Tol IKN Segmen Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang Garapan Nindya Karya

Sebarkan artikel ini
Jalan Tol garapan Nindya Karya di IKN. Foto: Instagram/@nindyakarya.

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Proyek pembangunan Tol Ibu Kota Nusantara (IKN) Segmen Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang yang sedang dikerjakan oleh PT Nindya Karya (Persero) saat ini mencapai progres 83,62%.

Direktur Utama Nindya Karya Moeharmein Zein Chaniago mengatakan jalan bebas hambatan di IKN ini ditargetkan rampung pada tahun 2024 ini.

Pembangunan Jalan Tol IKN tahap 1 dibagi menjadi 3 seksi. Pertama Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 kilometer, Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 kilometer, dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 kilometer.

“Adapun lingkup pekerjaan yang dikerjakan Nindya Karya meliputi, At Grade, Pile Slab, Girder Bridge, Jembatan Dirgahayu dan Box Culvert dengan masa pekerjaan 650 hari kalender,” kata Moeharmein dalam rilis pers dikutip Jumat (21/6/2024).

Moeharmein menjelaskan, Jembatan Dirgahayu merupakan jembatan bertipe pelengkung dengan struktur bajayang memiliki panjang 347 meter.

Terdapat beautifikasi pada struktur pelengkung dan tepi box girder yang didesain oleh seniman Nyoman Nuarta.

Moeharmein melanjutkan, Tol IKN sepanjang 27 kilometer dari Kariangau sampai ke Jembatan Pulau Balang terhubung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) tepatnya di KM 8 Kariangau.

Menurut dia, jalan tol ini mempersingkat waktu tempuh dari Balikpapan ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN dari 2 jam menjadi 45 menit.

“Dengan mengedepankan sistem manajemen lingkungan, Nindya Karya melakukan penghijauan di sekitar proyek untuk menjaga stabilitas lingkungan yang positif dan berkelanjutan dengan mengedepankan kualitas, tepat mutu serta tepat Waktu,” kata dia.