Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Plh Sekda Tinjau Ledakan Pipa di Kelurahan Cibangkong

×

Plh Sekda Tinjau Ledakan Pipa di Kelurahan Cibangkong

Sebarkan artikel ini
Plh Sekda Kota Bandung, Hikmat Ginanjar, saat meninjau lokasi ledakan pipa PDAM Tirtawening, di Kelurahan Cibangkong, Kecamatan Batununggal, Kamis (6/6/2024). Foto-Ist/TN
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, BANDUNG – Pelaksana harian (Plh) Sekretariat Daerah (Sekda) Kota Bandung, Hikmat Ginanjar meninjau lokasi ledakan pipa PDAM Tirtawening, di Kelurahan Cibangkong, Kecamatan Batununggal, Kamis (6/6/2024).

Hikmat mengaku keprihatinan yang mendalam, atas kejadian ini yang di luar dugaan.

Example 300x600

“Atas nama Pemerintah Kota Bandung, kami sangat prihatin. Kejadian ini tentu di luar dugaan, dan kami harus menyikapinya dengan arif dan bijaksana,” ujarnya.

Hikmat menjelaskan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung telah mengambil beberapa langkah penanganan.

Antara lain, memasang garis pembatas dan segera melakukan perbaikan teknis. Selain itu, Dinas Sosial juga telah memberikan bantuan sembako dan kebutuhan lainnya, untuk warga terdampak.

“Dari laporan aparat kewilayahan, terdapat 95 warga yang terdampak. Pemkot Bandung memastikan bahwa ini akan menjadi perhatian serius kami,” kata Hikmat Ginanjar.

Ia juga menekankan pentingnya kontrol dan perawatan dalam segala aspek, untuk mencegah kejadian serupa di masa mendatang.

Dalam kesempatan tersebut, Hikmat Ginanjar didampingi oleh Asisten Administrasi Umum, Tono Rusdiantono, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Evi Hendarin, Dirut PDAM, Sonny Salimi, serta Lurah Cibangkong dan Camat Batununggal.

Beberapa bangunan di sekitar lokasi mengalami kerusakan parah, dan pembatas sungai ikut tergerus akibat ledakan.

Hikmat mengapresiasi masyarakat setempat, yang dengan sigap bergotong royong membersihkan area terdampak, dan membantu proses pemulihan.

“Kebersamaan warga di sini sangat luar biasa. Ini menunjukkan sinergisitas dan kolaborasi yang kuat dalam masyarakat kita. Ini sangat penting di era modern seperti sekarang,” tuturnya.

Terkait kemungkinan adanya jalur pipa PDAM lainnya yang berpotensi bahaya, Hikmat Ginanjar menyerahkan teknisnya kepada PDAM.

“PDAM akan melakukan pengecekan dan perbaikan yang diperlukan,” tutup Ginanjar.

Menurut laporan tertulis dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung, ledakan pipa terjadi sekitar pukul 15.30 WIB di rumah seorang warga bernama Bambang.

Air deras mengalir dari bawah tanah, menyebabkan rumah Bambang dan tetangganya roboh. Warga setempat segera mengevakuasi keluarga dan barang-barang berharga, sebelum menghubungi layanan darurat 113 Diskar PB Kota Bandung.

Petugas Diskar PB tiba di lokasi pukul 16.30 WIB dan langsung berkoordinasi dengan Ketua RW dan RT setempat.

Saat tiba, air masih meluap setinggi ± 50 cm. Tim segera berkoordinasi dengan pihak terkait, termasuk PDAM Tirtawening, PLN, Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM), Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, Bandung Siaga 112, Dinas Sosial, TNI, dan Polri untuk menutup pipa yang meledak dan menangani dampak kejadian.

Akibat ledakan ini, dua rumah rusak berat (roboh) di RT 01/RW 05, Kelurahan Maleer yang mengakibatkan 2 KK dengan 10 jiwa terdampak.

Selain itu, 77 KK di RT 02/RW 05 Kelurahan Cibangkong terdampak banjir, serta terjadi kerusakan pada kirmir.

Example 300250
Example 120x600