Berita

PJ Wali Kota Ambon Terima Kunjungan Peserta Sesdilu Kemenlu

×

PJ Wali Kota Ambon Terima Kunjungan Peserta Sesdilu Kemenlu

Sebarkan artikel ini
PJ Wali Kota Ambon, Dominggus N. Kaya, saat menerima kunjungan 30 peserta Sesdilu angkatan 76 Kemenlu dan 10 peserta Sesdilu Internasional MSG, di Ruang Rapat Vlissingen, Balai Kota, Rabu (12/6/2024). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dikunjungi peserta Sekolah Staf Dinas Luar Negeri (Sesdilu) Angkatan ke-76, dan Sesdilu Internasional Melanesian Spearhead Group (MSG), dibawah pimpinan Kepala Pusat Pendidikan dan pelatihan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Duta Besar Muhammad K. Koba.

Ke-30 peserta Sesdilu angkatan 76 Kemenlu dan 10 peserta Sesdilu Internasional MSG tersebut diterima langsung oleh PJ Wali Kota Ambon, Dominggus N. Kaya, di Ruang Rapat Vlissingen, Balai Kota, Rabu (12/6/2024).

Kaya dalam sambutannya mengatakan, Pemkot Ambon menerima dengan gembira kehadiran peserta Sesdilu di kota yang diakui sebagai Kota Musik oleh UNESCO, sebab kota ini adalah penghasil musisi berbakat di Tanah Air.

“Banyak musisi nasional berasal dari kota ini, yang memberikan peran dan kontribusi luar biasa di dunia musik, selain budaya yang kita miliki,” ujarnya.

Dikatakan, dengan masuknya Kota Ambon dalam jaringan kota kreatif dunia, maka Pemkot Ambon juga membutuhkan peran Kemenlu dalam rangka menjalin networking dengan kota kreatif serupa lainnya, seperti Mexico, Jepang, dan Korea.

“Kami akan terus ter-connect, dan kami harap ada langkah ke depan, dan pikiran yang out of the box yang dapat diperjuangkan terjadi ke depan. Artinya, ada kolaborasi antara kota-kota tersebut dengan Ambon,” harap Kaya.

Kaya berharap, dari kunjungan peserta Sesdilu yang notabene adalah para diplomat muda ini, maka Pemkot Ambon akan mendapatkan masukan dan rekomendasi, yang membuat kota ini semakin maju.

“Selama beraktivitas di Ambon mungkin ada hal- hal penting yang tidak terpikirkan oleh kami, sebab para diplomat ini biasanya memiliki feeling, atau naluri politik dengan spesifikasi ilmu masing-masing, dapat memberi ide, dan masukan yang dapat menggerakan kita lebih maju lagi. Memang, kita ada keterbatasan anggaran, tetapi tidak menghalangi kita untuk terus berinovasi,” tandasnya.

Sementara itu, Duta Besar Muhammad K. Koba, menjelaskan, kunjungan ini diharapkan bukan sekedar kunjungan, tetapi akan ditutup dengan penyerahan rekomendasi dari peserta Sesdilu, namun tidak diketahui tindaklanjutnya.

“Oleh sebab itu, dari rekomendasi yang dibuat harus konkrit, sehingga kami wajib datang guna identifikasi potensi Indonesia, termasuk di Kota Ambon ini,” ungkapnya.

Koba mengakui, salah satu potensi yang dapat dikembangkan di Ambon adalah potensi kelautan dan perikanan. Oleh sebab itu, peserta Sesdilu Internasional MSG yang berasal dari Fiji, Kepulauan Solomon, Papua New Guinea, Vanuatu dan Sekretariat MSG diarahkan berkunjung ke sini, lantaran kondisi Kota Ambon dan Maluku tidak berbeda jauh dengan negara asal mereka masing-masing.

“Kami juga menjalin kerjasama dengan Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, sehingga diharapkan kalau orang ingin belajar Teknik ke Institut Teknologi Bandung (ITB) atau Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), belajar pertanian Ke Institute Pertanian Bogor (IPB), sedangkan kalau belajar perikanan ke Unpatti,” pungkasnya.

Untuk diketahui, turut hadir dalam kegiatan tersebut, Direktur Sekolah Staf Dinas Luar Negeri, Tubagus Suchranudin, Duta Besar Semuel Samson, dan Kepala Pusat Pelatihan Kelautan dan Perikanan, Lily Aprilia.