Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaPendidikan

Pj Gubernur Papua Barat Daya Panen 2,5 Ton Udang Vaname Hasil Budidaya Politeknik KP Sorong

×

Pj Gubernur Papua Barat Daya Panen 2,5 Ton Udang Vaname Hasil Budidaya Politeknik KP Sorong

Sebarkan artikel ini
Pj. Gubernur Papua Barat Daya Muhammad Musa'ad saat memanen udang Vaname di tambah udang milik politeknik KP Sorong.
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Daya, Muhammad Musa’ad melakukan panen perdana udang Vaname yang dibudidayakan oleh Taruna-Taruni Politeknik Kelautan dan Perikanan (KP) Sorong, Selasa (4/6/2024).

Menurut Pj. Gubernur Musa’ad, udang Vaname yang dipanen tersebut kualitasnya sangat bagus dengan tekstur daging yang empuk dan manis.

Example 300x600

Oleh karena itu, ia memberikan apresiasi kepada Politeknik KP Sorong, sebab budidaya udang Vaname juga bisa menghasilkan pendapatan ekonomi.

“Artinya teman-teman di sini melakukan budidaya dengan ilmu, itu bedanya mungkin dengan yang lain. Kemudian ada pendampingan dari para dosen dan hasilnya jadi lebih baik,”ujarnya.

Melihat keberhasilan Politeknik KP Sorong , Pj Gubernur menawarkan taruna-taruni untuk bekerjasama dengan pemerintah provinsi (Pemprov) Papua Barat Daya dalam program pengembangan perekonomian pemuda (Papeda).

“Bagi taruna dan taruni yang sudah selesai atau D3 bisa ikut program Papeda. Di mana pemprov menyediakan untuk 1 orang bisa pinjam uang sampai 10 juta rupiah dan bunga serta agunan ditanggung oleh pemerintah,”jelasnya.

Dengan begitu, sambung Musa’ad, alumni bisa membuka usaha tambak udang dan menciptakan lapangan pekerjaan, sehingga angka pengangguran di Papua Barat Daya dapat berkurang.

“Karena kita ketahui pengangguran di kota Sorong ini tinggi, lebih dari 9 persen,”kata Musa’ad.

Direktur Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong, Daniel Heintje Ndahawali mengatakan bahwa budidaya ini dilakukan oleh taruna dan taruni program studi budidaya perikanan.

Daniel menyebut, panen hari ini menghasilkan 2,5 ton udang Vaname. Hal itu dibuktikan lewat pengukuran-pengukuran awal yang dilakukan secara berkala, mulai dari penebaran benur, pemberian pakan, pemantauan kualitas air hingga panen dalam kondisi segar.

“Kegiatan ini juga bagian dari potensi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Ini sifat PNBPnya fungsional, artinya itu bisa dikembalikan lagi dan dimanfaatkan lagi untuk kepentingan fungsional dari satuan pendidikan tersebut,”jelasnya.

Daniel menambahkan, untuk penjualan udang Vaname masih dilakukan di wilayah Sorong dan rencananya pemasarannya akan lebih diperluas. Sebab sudah banyak permintaan dari masyarakat.

“Perkilonya 75.000, dan dijualnya selalu dalam kondisi segar,”pungkasnya.

Untuk diketahui, pemerintah provinsi Papua Barat Daya pada tahun 2023 memberikan dana hibah sebesar Rp1,5 miliar kepada Politeknik kelautan dan perikanan Sorong.

Pemanfaatan anggaran tersebut digunakan untuk mendukung kelancaran kegiatan kampus, praktik taruna di luar kampus, dan kegiatan pengabdian masyarakat.

Sehingga pada kesempatan tersebut juga diresmikan prasarana olahraga running track dengan panjang tracking 319 meter dengan daya tampung 100 orang dan juga peresmian bus Taruna.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *