Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Pemkot Ambon Berupaya Kendalikan Inflasi

×

Pemkot Ambon Berupaya Kendalikan Inflasi

Sebarkan artikel ini
TPID menggelar rapat koordinasi, di ruang rapat Darwin, Balai Kota Ambon, Rabu (12/6/2024). Foto-Ist/TN
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Guna mengupayakan stabilitas harga pasar yang berimplikasi pada penurunan inflasi, maka Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) menggelar rapat koordinasi, di ruang rapat Darwin, Balai Kota Ambon, Rabu (12/6/2024).

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh PJ Wali Kota Ambon, Dominggus N. Kaya, dengan mengundang Ketua Tim Gubernur Percepatan Pembangunan (TGPP) Provinsi Maluku, Hadi Basalamah sebagai narasumber, guna membantu Pemkot Ambon mengembangkan strategi pengendalian inflasi Kota Ambon.

Example 300x600

“Secara kelembagaan juga secara pribadi, kami meminta ketua tim TGPP untuk bagaimana membantu kita mendorong usaha pengendalian inflasi. Kenapa saya meminta beliau, karena beliau juga memiliki sinergitas kerja di tingkat provinsi, juga kabupaten/kota lainnya di Maluku. Dengan begitu, kita bisa mensinergikan itu, dan ada langkah-langkah kongkrit yang bisa dilakukan, guna menekan lajur naik inflasi di kota ini,” kata PJ Wali Kota.

Sementara itu, Ketua TGPP Provinsi Maluku, Hadi Basalamah mengingatkan, Pemkot Ambon untuk berhati-hati dengan angka inflasi, yang akan semakin meningkat pada bulan Juli. Apabila tidak diambil langkah-langkah kongkrit dan ekstra, maka kota ini akan kecolongan.

“Langkah-langkah pengendalian inflasi yang seharusnya dilakukan oleh Pemkot Ambon adalah, mengevaluasi perkembangan stok dan harga barang, memastikan stabilitas dan kelancaran distribusi, meningkatkan koordinasi, penguatan peran stakeholder terkait, serta membangkitkan kepedulian. Out come yang didapatkan adalah, tersedianya bahan pokok (bapok) sesuai jumlah, waktu, dan harga yang terjangkau oleh daya beli masyarakat,” urainya.

Dia juga menyampaikan rekomendasi tindak lanjut jangka pendek yang harus dilakukan oleh Pemkot Ambon, guna menghalau laju naiknya inflasi yang terjadi, akibat musim hujan dan kurangnya ketersediaan terkait dengan bahan pokok.

Diantaranya, optimalisasi anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) dan CSR, subsidi langsung ke pedagang akhir beberapa komoditi (beras, telur, gula pasir, bawang merah, minyak goreng, cabai, daging ayam, daging sapi dan ikan), intervensi pasar, dan fasilitas mobil TPID.

Pengawasan dilakukan oleh PPBJ Disperindag pada pasar tradisional, ritel modern dan gudang distributor, gerakan pangan murah dan pasar murah diperluas di sejumlah lokasi, subsidi transportasi, surat edaran Wali Kota instruksikan camat dan lurah melakukan monitoring setiap hari di pasar tradisonal, ritel modern dan gudang distributor.

OPD terkait juga harus mengintensifkan koordinasi dengan satgas pangan, ASDP, Pelindo dan perusahaan pelayaran, untuk menjamin distribusi pangan.

“Intinya Pak Wali Kota, kesimpulan saya, setelah kita ambil langkah untuk hari ini, maka anggaran APBD-nya didistribusikan untuk intervensi inflasi,” tutup Basalamah.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *