Politik

NasDem Undang Jokowi dan Prabowo Hadiri Kongres III Jelang Pilkada 2024

×

NasDem Undang Jokowi dan Prabowo Hadiri Kongres III Jelang Pilkada 2024

Sebarkan artikel ini
Konferensi Pers Kongres III Partai NasDem di Jakarta, Jumat (28/6/2024). Foto: tangkapan layar.

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem Hermawi Taslim mengatakan partainya mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden RI Terpilih Prabowo Subianto untuk menghadiri Kongres III Partai NasDem jelang Pilkada 2024.

Hermawi menjelakan, NasDem akan menawarkan sektor-sektor yang bisa dikerjasamakan untuk membantu jalannya pemerintahan mendatang yang dipimpin pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Kita akan mengundang beliau sebagai bagian dari prakongres, lalu kita akan jabarkan nanti poin-poin apa yang kita bisa kerjakan bersama,” kata Hermawi saat konferensi pers persiapan Kongres III Partai NasDem di Jakarta, Jumat (28/6/2024).

Adapun alasan mengundang Presiden Joko Widodo karena NasDem merupakan bagian dari pemerintahan Kabinet Indonesia Maju yang tetap setia selama 10 tahun ke belakang.

Menurutnya, kongres Partai NasDem juga bakal menjadi agenda konsolidasi utama guna menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Kata Hermawi, Pilkada yang akan digelar pada November 2024 mendatang merupakan agenda politik terakhir dalam lima tahun ke depan.

“Kita punya 2.202 anggota DPRD dari kabupaten/kota, provinsi, sampai DPR RI, mereka nanti akan dibekali dalam prakongres ini,” katanya.

Sementara, Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengatakan tema dari kongres tersebut adalah “Sinergi membangun Bangsa” yang ingin menjadikan NasDem sebagai partai yang membangun sinergi dengan berbagai elemen masyarakat, bukan hanya dengan partai politik saja.

Menurut dia, kongres tersebut juga bakal menyerap aspirasi-aspirasi dari pengurus partai di tingkatan yang paling bawah. Sebab, agenda tersebut bakal melibatkan lebih dari 100 ribu orang, baik secara luring maupun daring.

“Ini suatu proses yang bagaimana transformasi menjadi digital party terealisasi. Ini menjadi momentumnya,” kata Willy.

Adapun Kongres III Partai NasDem itu rencananya bakal digelar pada 25-27 Agustus 2024, namun sejumlah kegiatan prakongres, menurut Willy, sudah digelar sejak 21 Juni 2024.