Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Kilang Kasim Gelar Pelatihan K3 Bagi Karyawan HSSE dan Warga Sekitar Operasional

×

Kilang Kasim Gelar Pelatihan K3 Bagi Karyawan HSSE dan Warga Sekitar Operasional

Sebarkan artikel ini
PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU VII Kasim memberikan pelatihan dan sertifikasi K3 di Rylich Panorama Hotel.
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Sebagai wujud komitmen tinggi untuk terus mendorong warga sekitar semakin produktif, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU VII Kasim memberikan Pelatihan & Sertifikasi Kesehatan & Keselamatan Kerja (K3).

Kegiatan yang dibuka di Rylich Panorama Hotel, Sorong pada Selasa (18/6/2024) itu, selanjutnya berlangsung hingga 29 Juni mendatang.

Example 300x600

Area Manager Communication, Relation, CSR & Compliance Kilang Kasim, Ferdy Saputra menyebutkan pelatihan diikuti 20 peserta terdiri dari 10 orang warga sekitar operasional kilang, dan sisanya merupakan karyawan HSSE Kilang Kasim.

“Kami bertanggung jawab untuk mendorong warga semakin berdaya dengan keterampilan baru melalui pelatihan ini,” jelasnya.

Lanjut Ferdy, pelatihan ini juga melibatkan Fuel Terminal BBM Sorong untuk memberikan praktik lapangan secara langsung.

“Ini adalah wujud kolaborasi sesama Subholding Pertamina untuk sama-sama memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar,” ujarnya.

Dijelaskannya, Kilang Kasim merupakan perusahaan yang bertugas mengolah minyak mentah (crude) yang di dalamnya memiliki risiko tinggi.

“Oleh karena itu, penting bagi kami meningkatkan pemahaman guna menghindari dampak dari risiko tersebut,” ucap Ferdy.

Di kesempatan yang sama Ketua Serikat Pekerja Kawasan Timur Indoneisa, Muhammad Said Salam berharap dengan pelatihan ini peserta terutama dari unsur warga bisa menjadi kandidat pekerja HSSE yang kompeten dan sesuai kualifikasi.

“Setiap proyek baru membutuhkan officer HSSE, sehingga peluangnya sangat besar,” ucap Said Salam yang merupakan perwakilan HSSE Kilang Kasim.

Ia menekankan sertifikat dari pelatihan ini nantinya dikeluarkan langsung oleh Kemenaker RI Ahli K3.

“Maka beruntunglah warga yang terpilih mengikuti pelatihan, sebagai menjadi modal besar untuk berkarya di masa depan,” imbuh Said.

Sri Rahmi selaku trainer bekesempatan menyampaikan materi Kebijakan K3 di hari pertama. Di antaranya memuat prosedur keselamatan kerja, penggunaan alat pelindung diri (APD), kesehatan kerja, dan prosedur keselamatan kerja.

Salah satu peserta, Susi Sana Konjol mengungkapkan rasa syukur dan antusiasme menjadi peserta pelatihan. “Pelatihan seperti ini jarang diadakan oleh perusahaan di sini (Sorong).

“Kami sangat mengapresiasi dengan upaya serius Kilang Kasim dan siap mengikuti seluruh kegiatan,” tuturnya.

Example 300250
Example 120x600