Internasional

Ketua MPR Desak Pemerintah RI Berikan Kontribusi Upaya Genjatan Senjata di Gaza

×

Ketua MPR Desak Pemerintah RI Berikan Kontribusi Upaya Genjatan Senjata di Gaza

Sebarkan artikel ini
Sejumlah Palestina melakukan pencarian dan Penyelamatan korban di kamp pengungsi . ANTARA FOTO/REUTERS/Anas al-Shareef/tom.

JAKARTA – Anggota Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB menyetujui resolusi yang mendukung rencana gencatan senjata yang bertujuan mengakhiri perang delapan bulan antara Israel dan Hamas di Gaza.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dalam respon tertlisnya, Rabu (12/06/2024), mendukung langkah resolusi gencatan senjata tersebut, dan meminta pemerintah Indonesia terus mendesak semua negara untuk segera mencapai kesepakatan sesegera mungkin demi memastikan gencatan senjata yang langgeng bagi solusi dua negara, dan diharapkan penghentian perang tersebut bersifat permanen.

Pemerintah agar terus mengawal tercapainya gencatan senjata di Gaza dan menjamin pembebasan semua sandera, sehingga tidak ada lagi masyarakat Palestina yang menjadi korban perang.

Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pertahanan/Kemhan bersama Kementerian Luar Negeri/Kemlu, untuk mendukung dan berkontribusi pada seluruh upaya yang mengarah pada gencatan senjata di Jalur Gaza, Palestina.

MPR RI meminta pemerintah, dalam hal ini Kemlu dan Kemhan bersama para stakeholder terkait lainnya, memastikan tiga fase resolusi atau gencatan senjata tersebut benar-benar dilakukan secara menyeluruh, yakni dari mulai dilakukannya gencatan senjata segera, penuh, dan menyeluruh, mengakhiri permusuhan secara permanen, serta melakukan rekonstruksi besar-besaran di Gaza.