Ekonomi

Erick Thohir Angkat Tsamara Amany Jadi Komisaris PTPN Sejak Desember 2023

×

Erick Thohir Angkat Tsamara Amany Jadi Komisaris PTPN Sejak Desember 2023

Sebarkan artikel ini
Tsamara Amany mendampingi Erick Thohir saat terpilih menjadi Ketua Umum PSSI. foto: Twitter @TsamaraDKI

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Menteri BUMN Erick Thohir ternyata sudah mengangkat eks kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tsamara Amany menjadi komisaris independen Holding PT Perkebunan Nusantara (PTPN) sejak Desember 2023. Tsamara diketahui menjabat juga sebagai Staf Khusus V Menteri BUMN.

Posisi tersebut diketahui dari struktur dewan komisaris PTPN yang dimuat di situs resmi perusahaan. Dalam laman tersebut, Tsamara menjadi komisaris independen PTPN bersama dengan Suyus Windayana.

Ia diangkat sebagai Komisaris berdasarkan Surat Keputusan Menteri BUMN No. SK-394/MBU/12/2023 tanggal 19 Desember 2023. Sementara untuk komisaris utama, diduduki oleh mantan Direktur Utama Bank Mandiri Zulkfli Zaini.

Profil singkat Tsamara Amany

Mengutip berbagai sumber, Tsamara perempuan kelahiran 24 Juni 1996 merupakan eks kader PSI.

Meskipun masih terbilang muda berusia 28 tahun, Tsamara adalah anak dari pengusaha pertambangan Muhammad Abdurachman Alatas.

Tsamara yang merupakan sarjana komunikasi Universitas Paramadina sempat menjadi salah satu orang yang terlibat mengantarkan Jokowi dan Ma’ruf Amin memenangi Pilpres 2019 lalu.

Saat itu, Tsamara yang merupakan Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ditunjuk sebagai juru bicara pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, Joko Widodo-Ma’ruf Amin pada pemilu 2019 lalu.

Usianya yang kala itu masih sangat muda, yakni 23 tahun, berbanding terbalik dengan suaranya yang vokal. Meski masih muda, ia pernah menjadi saksi dalam uji materi syarat calon independen dan turut mengajukan revisi UU Pilkada berkaitan dengan calon independen.

Berdasarkan LinkedIn-nya, perempuan kelahiran 1996 tersebut sudah tak lagi menjadi bagian dari PSI. Sejak keluar dari PSI, ia menjadi CEO Altsa Kreatif Indonesia.