BeritaDaerahPEMILU 2024Politik

Empat Unsur Ini Ikuti Pelatihan Pemasaran Digital Pariwisata di Kabupaten Merauke

×

Empat Unsur Ini Ikuti Pelatihan Pemasaran Digital Pariwisata di Kabupaten Merauke

Sebarkan artikel ini
Pembukaan pelatihan pemasaran digital pariwisata oleh Sekda Merauke, Yermias P. Ndiken

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Merauke, menyelenggarakan pelatihan pemasaran digital kepada unsur pengelolaan daya tarik wisata, pelaku ekonomi kreatif, kelompok penggerak pariwisata dan kelompok sadar wisata di Megaria Merauke, Senin 24-26 Juni 2024.

Tujuan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kompetensi pengelolaan destinasi daya tarik wisata agar dapat memanfaatkan teknologi, informasi dan komunikasi dalam pemasaran pariwisata dengan menghadirkan narasumber Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Merauke Thomas Kimko, Rumah BUMN Telkom, Merauke Enterprise.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Merauke, Benhur Retandatu mengatakan pengelolaan pariwisata di Merauke memerlukan SDM yang handal dalam berbagai bidang termasuk bagaimana daya tarik potensi yang dimiliki untuk dijual dan dipasarkan secara luas sehingga semakin dikenal tidak hanya skala regional dan nasional akan tetapi sampai skala internasional.

“Sehingga kunjungan wisatawan baik Nusantara maupun wisatawan mancanegara akan terus berdatangan ke Merauke,” ujar Benhur.

Berdasarkan data yang ada, kunjungan wisatawan ke Kabupaten Merauke terus mengalami peningkatan dalam dua tahun terakhir ini. Dan di tahun ini pula, kabupaten Merauke mendapat perhatian dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI secara khusus dukungan pembiayaan dalam rangka peningkatan kapasitas SDM pelaku pariwisata dan pemerintah pusat telah mengalokasikan dana alokasi khusus non fisik untuk pelaksanaan pelatihan bagi pelaku pariwisata di Merauke.

Pelatihan pariwisata digital yang dilaksanakan ini merupakan pelatihan yang ketiga yang telah dilaksanakan dari total pelatihan yang terprogramkan dalam DPA Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.
Benhur juga menyampaikan laporannya bahwa pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah mengalokasikan dukungan pembiayaan fasilitas pendukung pariwisata untuk wisata Lampu Satu, Kelurahan Samkai Distrik Merauke.

Selain itu, Merauke juga mendapatkan kepercayaan dari Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno yakni Merauke menjadi salah satu kota penyelenggara apresiasi kreasi Indonesia (AKI) dari 12 kota penyelenggara yang ditetapkan di seluruh Indonesia. Proses dan tahapan AKI di Merauke telah berjalan.
Selanjutnya puncak pelaksanaan AKI klaster Merauke akan dilaksanakan pada 11 Agustus 2024 di Kapsul waktu Merauke yang akan dihadiri Mentri Pariwisata Sandiaga Uno.

Lanjut disampaikan, pemasaran Pariwisata secara digital memiliki peran yang sangat penting dalam menggait kunjungan wisatawan seiring perkembangan teknologi saat ini. Perkembangan teknologi dan informasi secara tidak langsung juga mempengaruhi selera dan minat wisatawan.

Kesempatan yang sama, juga dilakukan launching logo dan tagline pariwisata Kabupaten Merauke dari hasil sayembara yang dilakukan Dinas Pariwisata tahun 2023. Logo dan tagline ini akan menjadi identitas Pariwisata Merauke yang dibuat dengan tema Lestari Bumiku dan Lestari Alamku.

Sementara Sekda Merauke, Yermias P. Ndiken mengatakan, Pariwisata bisa menjadi unggulan jika dikelola dengan baik. Seperti daerah Bali menjadi salah satu contoh pariwisata yang menjadi destinasi wisatawan. Untuk itu Kabupaten Merauke juga harus bisa mengelola dan memperkenalkan melalui pemasaran digital.