Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaPemerintahan

Dukung Wujudkan Visi Indonesia Emas, BPS Papua Barat Soft Launching ‘Kasuari Berseri’

×

Dukung Wujudkan Visi Indonesia Emas, BPS Papua Barat Soft Launching ‘Kasuari Berseri’

Sebarkan artikel ini
Pj. Sekda Papua Barat Daya Jhony Way bersama Kepala BPS Papua Barat melakukan Soft Launching Kasuari Berseri. (Foto:Mega/TN).
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Badan Pusat Statistik (BPS) Papua Barat bersama pemerintah Provinsi Papua Barat Daya melakukan Soft Launching Kasuari Berseri, Selasa (25/6/2024)

Soft launching tersebut dilakukan oleh Kepala Kantor BPS Papua Barat, Ir. Merry dan Pj. Sekda Papua Barat Daya Jhony Way di Rylich Panorama Hotel Kota Sorong, Papua Barat Daya.

Example 300x600

Jhony Way dalam sambutannya menyampaikan bahwa data memainkan peran krusial dalam pembangunan yang tepat sasaran menuju visi Indonesia emas 2045.

Menurutnya, dengan data yang akurat dan terintegrasi, pemerintah dan pemangku kepentingan dapat merancang kebijakan yang lebih efektif, mengidentifikasi prioritas pembangunan, dan mengalokasikan sumber daya secara optimal.

“Misalnya, data demografis dan ekonomi memungkinkan identifikasi kebutuhan masyarakat di berbagai wilayah, sehingga program pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur dapat disesuaikan dengan kondisi lokal,”ujar Jhony.

Selain itu, sambung Jhony, data juga mendukung pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program pembangunan, memastikan bahwa target-target strategis tercapai sesuai rencana.

Untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045, yaitu Negara Nusantara yang Berdaulat, Maju, dan Berkelanjutan, pemerintah telah menetapkan indikator kunci utama dalam pembangunan nasional sebagaimana tertuang dalam RPJPN sebanyak 45 indikator.

“Hasil yang diharapkan dari portal Kasuari Berseri ini adalah terbangunnya sistem data rujukan utama yang dapat digunakan oleh berbagai stakeholder, mulai dari Pemerintah Daerah Provinsi Papua Barat Daya, akademisi, maupun pemangku kepentingan lainnya dalam menyusun perencanaan program dan melakukan evaluasi pembangunan yang telah berjalan, sesuai dengan fokus visi pemerintah dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045,”tuturnya.

Sejalan dengan hal tersebut, pemerintah daerah juga telah melakukan penyelarasan indikator antara RPJPD (Rencana Pembangunan Jangka Pendek) dengan RPJPN (Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional) untuk menjaga kesesuaian target program pembangunan agar sejalan dengan fokus utama pembangunan nasional.

“Oleh karena itu, setiap program pembangunan daerah harus tetap mengacu pada arah kebijakan yang telah ditetapkan dalam RPJPN menuju Indonesia Emas 2045,”terangnya.

Sementara itu, Kepala BPS Papua Barat, Ir. Merry menyampaikan bahwa Kasuari Berseri merupakan portal kolaborasi untuk membangun negeri, yang mana di dalamnya berisi data-data indikator makro strategis yang dapat digunakan digunakan oleh pemerintah Provinsi Papua Barat maupun Papua Barat Daya dalam menyusun program-program pembangunan.

“Selain itu juga bisa melakukan evaluasi untuk program pembangunan yang sudah dijalankan, karena di dalamnya berisi informasi data-data penting terkait dengan indikator makro,”jelasnya.

Merry menjelaskan, data tersebut bisa diakses oleh siapa saja baik itu pemerintah, swasta, hingga mahasiswa yang membutuhkan data, karena akses menuju web Portal Kolaborasinya tidak dikunci.

“Jadi kita intinya men-support data-data statistik yang dihasilkan oleh BPS, karena kami ada di Papua Barat dan juga ada di Papua Barat Daya tentu data-data strategis di dua provinsi tersebut yang mencakup 6 dan 7 kabupaten/kota tentu kita support datanya,”pungkasnya.

Example 300250
Example 120x600