Berita

Dinas Perikanan Salurkan Dua Ton Ikan kepada Masyarakat

×

Dinas Perikanan Salurkan Dua Ton Ikan kepada Masyarakat

Sebarkan artikel ini
Kegiatan Pasar Murah khusus ikan, di Pasar Mardika, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Kamis (20/6/2024). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Sebanyak 2 (dua) ton Ikan jenis Tuna dan Cakalang beku, disalurkan oleh Dinas Perikanan Kota Ambon dengan harga murah kepada masyarakat.

Kepala Dinas Perikanan Kota Ambon, F. Maail mengaku, penyaluran tersebut dilaksanakan dalam Pasar Murah khusus ikan yang berlangsung selama dua hari, yakni mulai Rabu (19/6/2024) kemarin, di Pasar Mardika, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

“Ikan Tuna dan Cakalang beku, kita jual dengan harga Rp 20 ribu per ekor, dengan berat bervariasi antara 1,1 – 1,8 kg,” ungkapnya kepada wartawan, di Ambon, Kamis (20/6/2024).

Menurutnya, saat ini harga ikan ukuran besar di pasaran melonjak tinggi antara Rp 60-65 ribu per ekor. Hal ini dipengaruhi oleh kondisi lautan dengan tinggi gelombang antara 1,25 – 2,5 meter.

“Kondisi ini membuat nelayan belum bisa beraktivitas dengan baik, sebab angin dan arus laut kencang, yang mengakibatkan kerumunan ikan tidak optimal, dan hasil tangkapan jauh berkurang,” ujar dia.

Maail menyebutkan, antusias masyarakat cukup tinggi, guna menyambut kegiatan Pasar Murah ikan ini. Pasalnya, harga yang diberikan jauh lebih rendah dari harga pasar, sehingga kebutuhan masyarakat akan protein hewani dapat terpenuhi.

“Sasaran dari kegiatan ini pemenuhan akan ketahanan pangan dari protein ikan, mengingat saat ini harga ikan cenderung melonjak, inflasi juga lebih meningkat dan daya beli menurun. Olehnya itu, sasaran utama pengendalian inflasi, tetapi juga pemenuhan gizi dari protein hewani,” tutupnya.