Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Internasional

Bangladesh Terima Penghargaan Juara Adaptasi Lokal dari CEO GCA

×

Bangladesh Terima Penghargaan Juara Adaptasi Lokal dari CEO GCA

Sebarkan artikel ini
Perdana Menteri Yang Terhormat Sheikh Hasina saat menerima Penghargaan Juara Adaptasi Lokal dari Pusat Global untuk Adaptasi dari CEO GCA Profesor Patrick V. Verkooijen. Ist
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, BANGLADESH – Perdana Menteri Yang Terhormat Sheikh Hasina dengan ramah menerima Penghargaan Juara Adaptasi Lokal dari Pusat Global untuk Adaptasi dari CEO GCA Profesor Patrick V. Verkooijen, pada kesempatan kunjungan resminya selama dua hari di Bangladesh.

Bangladesh, pemerintah pertama yang menerima Penghargaan Juara Adaptasi Lokal global, menang dalam kategori Inovasi Pembiayaan Devolusi untuk Inisiatif Pemerintah Daerah untuk Perubahan Iklim (LoGIC). Diimplementasikan oleh Kementerian Pemerintah Daerah, Pembangunan Pedesaan dan Koperasi, Pemerintah Bangladesh, LoGIC menyediakan mekanisme untuk mengakses dan mengelola pendanaan iklim dari berbagai sumber, sebuah platform untuk berbagi praktik terbaik dan pembelajaran, dan sebuah sistem untuk pemantauan dan evaluasi. efektivitas dan dampak.

Example 300x600

“Saya merasa sangat terhormat menerima penghargaan bergengsi ini atas nama Pemerintah dan rakyat Bangladesh, yang ketahanannya yang tak tergoyahkan dan semangat inovatifnya selalu membimbing kita melewati kesulitan alam,” kata Perdana Menteri Sheikh Hasina.

“Pengakuan ini menggarisbawahi komitmen kami terhadap pembangunan berkelanjutan dan ketahanan iklim, dan kami berterima kasih atas dukungan tak ternilai dari Pusat Adaptasi Global dalam perjalanan kami menuju masa depan yang sejahtera dan berketahanan.”

Yang Mulia Ban Ki-moon, Sekretaris PBB ke-8 dan Ketua Dewan GCA, memuji Perdana Menteri Hasina, dengan menyatakan, “Sekali lagi, Bangladesh berdiri di garis depan dalam mendukung kelompok masyarakat yang paling rentan terhadap perubahan iklim, dan menunjukkan kepemimpinan, dalam hal ini menyalurkan pendanaan iklim yang penting kepada mereka yang sangat membutuhkan.”

Profesor Verkooijen menambahkan bahwa Pusat Global GCA untuk Adaptasi yang dipimpin secara lokal, yang diresmikan oleh Yang Mulia Perdana Menteri Sheikh Hasina pada tahun 2022, didedikasikan untuk memperkuat suara kelompok yang paling rentan. Wawasan dan kepemilikan dalam Rencana Adaptasi Masyarakat yang dipimpin oleh masyarakat setempat sangat berharga dalam membimbing lembaga-lembaga keuangan internasional. Di GCA pihaknya mendukung peningkatan inisiatif tersebut dan menghubungkannya dengan sumber pendanaan yang lebih besar. CGA tahu bahwa agar aksi iklim menjadi efektif, tindakan ini harus memprioritaskan perlindungan mereka yang hidup di garis depan darurat iklim.”

Profesor Verkooijen juga menyambut baik tawaran dari Yang Mulia Perdana Menteri Sheikh Hasina untuk mendirikan kantor regional permanen GCA di Bangladesh yang mewujudkan teknologi dan desain ketahanan iklim terkini.

Selama kunjungan resminya selama dua hari pada tanggal 9-10 Juni 2024, Profesor Verkooijen mengunjungi Chattogram untuk berinteraksi dengan komunitas lokal yang didukung oleh GCA.

Komunitas-komunitas ini sedang mengembangkan Rencana Adaptasi Masyarakat sebagai masukan bagi investasi Proyek Peningkatan Pasokan Air Chattogram (CWSIP) yang didukung oleh Bank Dunia.

Dia bertemu dengan penduduk Koloni Nobab Khan dan Koloni Razakhali Berabadh, komunitas berpenghasilan rendah yang terkena dampak kelangkaan air, banjir, panas, dan penyakit yang disebabkan oleh salinitas dan kontaminasi air, serta meningkatnya populasi vektor. Inisiatif GCA di Bangladesh didanai oleh Kantor Luar Negeri, Persemakmuran dan Pembangunan Inggris serta Urusan Global Kanada.

Profesor Verkooijen juga berdiskusi dengan Menteri Keuangan Abul Hassan Mahmud Ali dan Menteri Lingkungan Hidup Dr. Farhina Ahmed. Pertemuan-pertemuan ini berfokus pada penguatan kemitraan untuk mengadvokasi penggandaan pendanaan iklim pada tahun 2025 dan menjajaki jalur baru untuk proyek adaptasi iklim di Bangladesh.

Tentang Pusat Adaptasi Global 

Global Center on Adaptation (GCA) adalah organisasi internasional yang berdedikasi untuk mempromosikan adaptasi terhadap dampak perubahan iklim. Ia berupaya mewujudkan pembangunan tahan iklim dengan memulai reformasi kebijakan dan mempengaruhi investasi yang dilakukan oleh lembaga keuangan internasional dan sektor swasta. Tujuannya adalah untuk menempatkan adaptasi iklim di garis depan agenda perubahan iklim global. Didirikan pada tahun 2018, GCA mewujudkan inovasi dalam pendekatannya terhadap adaptasi iklim dan beroperasi dari kantor terapung terbesar di dunia, yang berlokasi di Rotterdam, Belanda. GCA memiliki jaringan kantor regional di seluruh dunia di Abidjan, Pantai Gading; Dhaka, Bangladesh; dan Beijing, Tiongkok. Sedangkan kantor baru akan dibuka di Nairobi, Kenya pada tahun 2025 nanti.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *