Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Bisnis

Astranauts 2024: Puncak Apresiasi Astra terhadap Perusahaan Startup Rintisan

×

Astranauts 2024: Puncak Apresiasi Astra terhadap Perusahaan Startup Rintisan

Sebarkan artikel ini
Direktur Astra Santosa (kanan), Direktur Astra Hamdhani Dzulkarnaen Salim (kedua kiri), bersama pemenang Astranauts 2024 jalur startup dalam pelaksanaan Demo Day & Awarding Astranauts 2024 pada Jumat (7/6/2024). Foto: Humas Astra.
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Sembilan pemenang Astranauts 2024 mendapatkan apresiasi berupa uang tunai senilai total Rp350 juta, kesempatan untuk berkolaborasi dengan Grup Astra, mentorship eksklusif dari para pakar dan pemimpin industri, serta kesempatan untuk bertemu dan mengajukan ide ke venture capital yang menjadi partner event ini.

Astranauts 2024 mengangkat tema “Technology Innovation for Today and The Future of Indonesia”, dan mengompetisikan delapan topik utama, yaitu Smart Automotive & Manufacturing, Smart Financial Services, Smart Mining & Energy, Smart Agriculture, Smart Mobility & Logistics, Smart Infrastructure & Property, Smart Technology, hingga Smart Healthcare, serta kategori baru Business Challenge.

Example 300x600

Direktur PT Astra International Tbk (Astra), Santosa menjelaskan, melalui Astranauts 2024, Astra mengajak startup rintisan dan mahasiswa untuk dapat menunjukkan solusi-solusi terbaik yang dapat memberi manfaat kepada masyarakat melalui teknologi terkini.

“Astra yakin bahwa anak-anak muda tersebut dapat memberikan kontribusi yang berarti dan berkelanjutan bagi Indonesia,” kata Direktur Astra Santosa saat membacakan sambutan Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro di Menara Astra Jakarta, Jumat (7/6/2024).

Ia menuturkan, para finalis Astranauts 2024 yang mempresentasikan ide dan solusinya di depan para dewan juri, berkesempatan mengikuti program akselerasi Astra Innovation Lab.

Melalui program tersebut, kata Santosa, startup akan mendapatkan kesempatan untuk bertemu dan berkolaborasi dengan grup Astra maupun corporate partner ataupun venture capital yang menjadi partner dalam event ini.

Dia menambahkan, melalui Astranauts 2024, pihaknya juga memberikan berbagai fasilitas seperti mentoring program Astra Innovation Lab dan peluang untuk berjejaring dengan grup Astra, maupun partner lainnya.

“Untuk mendukung perkembangan startup, Astra berharap kolaborasi dengan startup dan partner lainnya ini dapat saling memberikan manfaat di masa depan, sekaligus membuat startup semakin bertumbuh dan relevan dengan kebutuhan pelanggan serta perkembangan zaman,” kata dia.

Santosa pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat mulai dari juri, mentor, terutama seluruh finalis Astranauts 2024. Ia memberi pesan khusus kepada para finalis untuk berani bermimpi besar dan menghasilkan solusi-solusi teknologi inovatif yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Gunakan kesempatan ini untuk belajar dan mengembangkan diri. Mari kita bersama-sama membangun masa depan digital yang lebih baik untuk hari ini dan masa depan Indonesia,” kata Santosa.

Adapun sembilan pemenang Astranauts 2024 sebagai berikut:

Jalur Startup
Juara 1: FishGo
Juara 2: AKAR
Juara 3: 3DPint.ID

Jalur Mahasiswa
Juara1: MooApps
Juara 2: INCLUDE Technology
Juara 3: KOMIB.id

Kategori Businnes Challenge
Juara 1: AssetFinder
Juara 2: Mine-Eye Gama
Juara 3: S.2.R.E

Pada pelaksanaan tahun ini, pendaftar Astranauts 2024 meningkat 10% dibanding tahun sebelumnya, atau mencapai 2.400 peserta. Kemudian 19 finalis terpilih telah menampilkan karyanya di hadapan dewan juri, dengan berbagai kriteria penilaian.

Sebagai informasi, Astranauts 2024 turut melibatkan beberapa perusahaan dalam Grup Astra dan perusahaan lainnya dalam menjaring peserta dan mendukung program acara. Adapun perusahaan Grup Astra yang menjadi mitra pada tahun ini yaitu PT Pamapersada Nusantara (PAMA), PT Astra Graphia Information Technology (AGIT), PT Toyota Astra Financial Services (TAF), Immersion by Lexus, dan PT Astragraphia Tbk.

Selain itu ada beberapa mitra, yaitu Amazon Web Services (AWS), Google Cloud Indonesia x Data Labs (datalabs.id), Salesforce Inc, DailySocial.id, Tech In Asia Indonesia, Level Up powered by Agate, dan SARI Teknologi, serta Rekosistem.

Sedangkan mitra yang terlibat dalam penjaringan peserta adalah Astra Strartup Community (ASC), Angel Investment Network Indonesia (ANGIN), BLOCK71 Indonesia, Endeavor, Google for Startups, Habibie Innovators by Hi Incubator, Impact Hub, KUMPUL.ID, Lestari, Plug and Play, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, dan SISTEM.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *