Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Nasional

Sebelum Pesawat Latih Jatuh di BSD, Ada ‘Mayday Mayday’, Habis Itu Hilang Kontak

×

Sebelum Pesawat Latih Jatuh di BSD, Ada ‘Mayday Mayday’, Habis Itu Hilang Kontak

Sebarkan artikel ini
Pesawat jenis PK-IFP milik Indonesia Flying Club jatuh di Lapangan Sunburst BSD, Tangerang Selatan, Banten, Minggu (19/5/2024). (Foto: Tangkapan layar)
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Pesawat latih milik Indonesia Flying Club atau perkumpulan penerbang Indonesia jatuh di Lapangan Sunburst BSD, Tangerang Selatan, Banten, pada Minggu (19/5/2024).

Sebelum terhempas ke tanah, sang pilot sempat memberikan kode pertolongan sebelumnya akhirnya hilang kontak. Pesawat tersebut sedang menuju kawasan Pondok Cabe dari Tanjung Lesung.

Example 300x600

“Informasi dari awal dari Tanjung Lesung mau kembali ke Pondok Cabe,” ujar Kapolres Metro Tangerang Selatan AKBP Ibnu Bagus Santoso kepada wartawan dikutip, Senin (20/5/2024).

“Terus ada ‘Mayday Mayday’, habis itu hilang kontak,” tambahnya.

Diketahui, Mayday merupakan sandi di dunia penerbangan yang memiliki arti ‘tolong aku’.

Kemudian, Ibnu tidak mau berspekulasi perihal penyebab jatuhnya pesawat. Namun, saat pesawat jatuh kondisi cuaca memang sedang hujan lebat.

Oleh karena itu, ia menyerahkan sepenuhnya kepada pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk proses penyelidikan lebih lanjut.

“Kronologis lebih jelas bisa ditanyakan ke KNKT,” pungkasnya.

Penjelasan Dirjen Perhubungan Udara

Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara memastikan pesawat yang jatuh di Lapangan Sunburst BSD, Tangerang Selatan, Banten, pada Minggu (19/5/2024) milik Indonesia Flying Club (Perkumpulan Penerbang Indonesia).

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawatiesawat mengatakan, pesawat yang jatuh bertipe Tecnam P2006T dengan nomor registrasi PK-IFP, menewaskan tiga orang.

“Pesawat PK-IFP dengan 3 (tiga) orang onboard (1pilot dan 2 penumpang),” kata Adita dalam keterangan tertulis, pada Minggu (19/5/2024).

Adita Irawatiesawat mengungkapkan bahwa pesawat jatuh sekitar pukul 13.50 WIB. Pesawat tersebut memiliki rute dari bandara Tanjung Lesung, Banten menuju bandara Pondok Cabe, Tangerang selatan.

“Saat ini proses evakuasi korban telah selesai dan telah dibawa ke RS Polri di Kramatjati untuk diidentifikasi lebih lanjut,” ungkapnya.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *