Lingkungan

Pondok Belantara Harap WWF ke-10 Punya Langkah Nyata Atasi Pencemaran Sungai

×

Pondok Belantara Harap WWF ke-10 Punya Langkah Nyata Atasi Pencemaran Sungai

Sebarkan artikel ini
Booth lokakarya Pondok Belantara di World Water Forum, (Foto: ist).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Hadir dalam acara World Water Forum (WWF) ke-10 Pondok Belantara berharap acara itu mampu menelurkan langkah konkret dalam mengatasi pencemaran air terutama menjaga ekosistem sungai.

Koordinator Pondok Belantara Eko Handyko Purnomo menilai saat ini pemerintah dengan ambisius hanya membuat proyek lingkungan tanpa melihat bagaimana upaya menjaga keberlangsungan ekosistem alam itu sendiri.

“Harapan aku dari WWF ini semoga ada kebijakan program-program yang peduli lingkungan, bukan proyek-proyek lingkungannya kaya gitu, pemerintah juga harus memikirkan lingkungan itu sendiri,” kata eko dalam keterangan resminya dikutip Minggu 26 Mei 2024.

Kendati demikian, Eko menjelaskan saat ini Pondok Belantara telah melakukan sejumlah program merawat sungai, seperti aksi bersih sungai, pemilahan sampah plastik dan edukasi menanamkan sikap bijak menjaga lingkungan. Bahkan, Eko juga mengajak komunitas lainnya untuk ikut berkontribusi dalam aksi tersebut.

“Jadi anak musik, sastra terus ada komunitas-komunitas motor dan sepeda ada pegiat pegiat lainnya juga. Kita ngajakin lah banyak komunitas untuk sama-sama yuk peduli sama sama sama lingkungan karena ini kepentingan bersama,” papar Eko.

Selain itu, komunitas yang lahir di Riau ini juga meminta pemerintah untuk melakukan pemetaan sungai dengan baik sehingga manfatnya dapat dirasakan publik di generasi mendatang.

“Jadi harus ada singkronisasi dari hulu ke hilir, jadi kesempatan ini tidak boleh dilewatkan. kita harus meninggalkan mata air di genarasi selanjutnya, bukan air mata,” kata Eko memungkasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *