Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Teknologi

Apa Itu Data Center? Berikut 10 Fungsi Utama Pusat Data Era Digital

×

Apa Itu Data Center? Berikut 10 Fungsi Utama Pusat Data Era Digital

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi - Pusat data center. (foto: ist).
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Masifnya pertumbuhan teknologi informasi dan digitalisasi telah mendorong banyak perusahaan dan penyedia layanan untuk mendirikan pusat data atau data center di Indonesia.

Untuk menghimpun keseluruhan data pada perusahaan, diperlukan sebuah data center untuk menjamin ketersediaan dan keamanan informasi di dalamnya.

Example 300x600

Data center merupakan fasilitas fisik yang digunakan untuk menyimpan file, mengelola dan mengamankan perangkat keras, perangkat lunak, serta data penting suatu organisasi, menyangkut dengan informasi bisnis.

Pusat data sering berisi server, sistem penyimpanan, jaringan, dan infrastruktur lainnya yang mendukung operasi teknologi informasi.

Seiring waktu, jumlah dan kapasitas pusat data di Indonesia terus berkembang dan bertambah untuk mengakomodasi permintaan yang semakin meningkat terkait penyimpanan, pengelolaan, dan pemrosesan data.

Secara keseluruhan, data center menjadi pusat vital bagi banyak organisasi modern karena mendukung operasi teknologi mereka dengan penyimpanan, pengolahan, dan manajemen data yang efisien.

Mengutip informasi dari berbagai sumber, data center memiliki beberapa fungsi utama, di antaranya:

  1. Penyimpanan data

Fungsi utama pusat data adalah menyimpan data perusahaan atau organisasi. Ini bisa berupa data pelanggan, data transaksi, informasi produk, dan banyak lagi.

  1. Pengelolaan data

Pusat data mengelola data dengan cara mengatur, mengindeks, dan menyimpannya secara efisien. Ini termasuk mengelola cadangan data untuk menghindari kehilangan informasi yang penting.

  1. Pemrosesan komputasi

Pusat data menyediakan kapasitas komputasi yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi dan layanan organisasi, seperti server web, basis data, analisis data, dan lainnya.

  1. Keamanan data

Pusat data memiliki langkah-langkah keamanan yang ketat untuk melindungi data sensitif dari ancaman seperti peretasan, malware, atau akses tidak sah.

  1. Ketersediaan dan redundansi

Pusat data dirancang dengan sistem cadangan dan komponen redundan untuk memastikan bahwa layanan tetap tersedia bahkan jika terjadi kegagalan perangkat keras atau perangkat lainnya.

  1. Penghematan energi

Pusat data modern juga berfokus pada efisiensi energi dengan menggunakan teknologi seperti pendingin yang lebih efisien, manajemen daya, dan penggunaan energi terbarukan.

  1. Skalabilitas

Pusat data memungkinkan organisasi untuk dengan mudah memperluas kapasitas dan sumber daya sesuai dengan kebutuhan bisnis yang berkembang.

  1. Penyediaan layanan

Banyak pusat data menyediakan layanan hosting, kolokasi, dan cloud kepada organisasi yang ingin menggunakan infrastruktur mereka tanpa harus membangun sendiri.

  1. Analisis data

Pusat data sering digunakan untuk melakukan analisis data dan menghasilkan wawasan yang membantu dalam pengambilan keputusan bisnis.

  1. Pemeliharaan teknis

Pusat data juga melibatkan pemeliharaan fisik dan teknis perangkat keras, perangkat lunak, dan infrastruktur untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik.

Berikut informasi seputar pusat data center dan fungsi utamanya, semoga dapat memberikan manfaat.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *