Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

Timnas Amin Daftarkan Gugatan Pilpres 2024, Ada Banyak Berkas dan Dokumen Diserahkan ke MK

×

Timnas Amin Daftarkan Gugatan Pilpres 2024, Ada Banyak Berkas dan Dokumen Diserahkan ke MK

Sebarkan artikel ini
Pasangan bakal calon presiden (bacapres) dan bakal calon wakil presiden (bacawapres), Anies Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (AMIN) saat mendaftarkan diri untuk mengikuti kontestasi Pilpres 2024 di Gedung KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (19/10/2023). (Foto: Pierre Ombuh/TN).
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Tim Hukum Nasional (THN) calon presden dan wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar mendaftarkan gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) ke Mahkamah Konstitusi (MK) pada Kamis (21/3/2024).

Gugatan ini sebelumnya didaftarkan secara online pada Kamis dini hari sekitar pukul 01.00 WIB. Pagi tadi, anggota THN Anies-Muhaimin sudah berada di Gedung MK untuk melakukan proses administrasi.

Example 300x600

Ketua Tim Hukum Nasional (THN) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), Ari Yusuf Amir menyatakan bahwa berkas-berkas dan dokumen yang dibawa dalam pendaftaran gugatan PHPU ini sudah disiapkan cukup lama, yakni sekitar satu bulan.

Pihaknya juga telah mengumpulkan pendapat dari para pakar dan ahli. Ia memastikan, bukti-bukti yang dibawa sudah cukup dan meyakinkan.

“Kami lengkapi dengan bukti-bukti yang cukup meyakinkan, dan saksi-saksi yang meyakinkan, insyaallah,” katanya.

Sementara itu, Anies Baswedan mengatakan pihaknya sudah menyiapkan dokumen-dokumen terkait gugatan PHPU ini jauh-jauh hari

“Alhamdulillah pada pagi menuju siang, kita sama-sama di Markas Timnas Amin, berkumpul bersama dengan Tim Hukum Nasional yang dipimpin oleh Bapak Ari Yusuf Amir yang beliau akan membawa semua dokumen-dokumen terkait dengan proses hukum yang akan berlangsung,” ucap Anies. 

Anies menjelaskan bahwa gugatan ini menjadi perhatian besar bagi pihaknya karena berkaitan dengan praktik demokrasi di masa depan.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyinggung soal proses dan hasil Pemilu 2024 yang saling berkaitan. Menurutnya, apabila proses dilakukan dengan maka hasilnya akan menjadi baik.

“Bila ada proses yang bermasalah, maka hasilnya bermasalah,” tegasnya.

Terkait dengan proses Pemilu 2024, Anies mengaku menyaksikan banyak problem yang harus diperbaiki, mulai dari aspek kebijakan hingga eksekusi.

“Apa yang kita alami, kita saksikan, dari mulai aspek kebijakan, aturan, sampai eksekusi, ada banyak problem. Kita ingin agar itu semua dikoreksi. Supaya kejadian seperti ini tidak terulang lagi,” terang Anies.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan hasil Pemilu 2024 pada Rabu (20/3/2024) malam. KPU menetapkan bahwa paslon nomor urut 1 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menang.

Mereka mendapatkan suara 96,2 juta suara atau 58,58 persen. Sementara, Anies-Muhaimin mendapatkan 40,9 juta suara atau 24,95 persen, sedangkan paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mendapat 27,04 juta suara atau 16,47 persen.

Example 300250
Example 120x600