Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

2024, Kementerian ESDM Bangun Dua PLTS Terpusat di Maluku

×

2024, Kementerian ESDM Bangun Dua PLTS Terpusat di Maluku

Sebarkan artikel ini
Ketua Komisi II DPRD Provinsi Maluku, Johan Lewerissa menyerahkan proposal pembangunan PLTS terpusat, kepada Kementerian ESDM, saat agenda menyampaikan aspirasi di Jakarta, belum lama ini. Foto-Ist/TN
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pemerintah Pusat lewat Direktorat Jenderal (Dirjen) Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bakal membangun Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terpusat di Provinsi Maluku, melalui dana APBN tahun anggaran 2024.

PLTS terpusat tersebut akan dibangun di Kota Tual, dan Kabupaten Kepulauan Aru. Hal ini diketahui dari Sekretaris Direktorat Jenderal EBTKE yang juga Koordinator Kerjasama, Sahid Junaidi, saat agenda menyampaikan aspirasi yang dilakukan Komisi II DPRD Provinsi Maluku, ke sejumlah kementerian dan lembaga, di Jakarta, belum lama ini.

Example 300x600

Dalam agenda penyampaian aspirasi itu, Komisi II DPRD Provinsi Maluku menyerahkan proposal pembangunan PLTS terpusat offgrid, pada dua lokasi di Kabupaten Kepulauan Aru Tahun 2025 kepada Kementerian ESDM.

Ketua Komisi II DPRD Provinsi Maluku, Johan Lewerissa mengatakan, untuk Kota Tual, PLTS terpusat akan dibangun di Desa Neila dan Desa Tiflean (Pulau Mangur), Kecamatan Kur Selatan. Jumlah rumah tinggal sebanyak 140.

“Jumlah fasum yaitu sebanyak 9, dengan rincian, 2 Masjid, 1 Instalasi filter Air, 1 unit SMP (satu tap), 1 unit SD (satu atap), 1 unit Puskesmas, 1 unit Balai Desa, 1 unit PAUD dan 1 unit TPA,” kata Johan saat dihubungi dari Ambon, Rabu (20/3/2024).

Menurutnya, panjang jaringan yang akan dibangun yakni, 5.720 meter. Sedangkan luas potensi area PLTS adalah, 2 500 meter, yang terdiri dari lahan kepala desa yang dihibahkan seluas 25×25 meter.

Johan mengaku, rencana kapasitas PLTS adalah, 31 KWP. Infomasi aksesibilitas hanya melalui transportasi laut, dengan jarak antara Kota Tual ke Pulau Mangur sekitar 120 kilo meter.

“Usulan Pemda sudah lengkap dari Gubernur. Surat hibah lahan dari masyarakat desa juga sudah ada, hanya saja Surat Pernyataan Pengelolaan Lingkungan (SPPL) belum ada,” beber Johan.

Sementara untuk Kabupaten Kepulauan Aru, PLTS terpusat akan dibangun di Desa Ujir, Kecamatan Pulau Aru.

“Berdasarkan jumlah rumah sebanyak 168. Jumlah fasum sebanyak 36 yang dirincikan, 18 bangunan, 2 unit sekolah, 1 unit Masjid, 1 unit balai desa, 4 unit kantor desa, 1 unit rumah sakit, dan 9 unit rumah guru,” ujar dia.

Lebih lanjut Johan menambahkan, panjang jaringan utama yakni 1.500 meter, luas lahan PLTS terpusat yang diberikan adalah, 3.399 meter. Rencana kapasitas PLTS: 115 KWP. Kegiatan produktif yaitu, cold storage 3.

“Usulan pemda, sudah lengkap dari Gubernur.
Surat hibah lahan dari masyarakat desa juga sudah ada. Sayangnya, SPPL belum ada,” tandas Johan.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *