Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Anhar Hadian: Penyesuaian Tarif Puskesmas Tak Berpengaruh bagi Peserta BPJS-UHC

×

Anhar Hadian: Penyesuaian Tarif Puskesmas Tak Berpengaruh bagi Peserta BPJS-UHC

Sebarkan artikel ini
Pelayanan kesehatan di Puskesmas Caringin, Kota Bandung. Foto-Ist/TN
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memastikan penyesuaian tarif pelayanan Puskesmas tidak berpengaruh bagi masyarakat Kota Bandung.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Anhar Hadian kepada wartawan, di Bandung, Kamis (11/1/2024).

Example 300x600

Ia menyebut, masyarakat pengguna BPJS dan UHC tidak akan terpengaruh penyesuaian tarif ini.

“Tarif lama kita itu berdasar Perda tahun 2010, berarti sudah 14 tahun. Sementara harga kebutuhan untuk obat, alat kesehatan dan lain sebagainya kan tiap tahun juga naik,” kata Anhar.

“Tarif ini untuk pasien umum. Peserta BPJS tidak terpengaruh penyesuaian tarif. Di sisi lain, 99 persen masyarakat Kota Bandung telah terdaftar di BPJS,” imbuh dia.

Perlu diketahui, per 5 Januari 2024 terjadi perubahan tarif retribusi pelayanan Puskesmas di Kota Bandung dari Rp3.000 menjadi Rp15.000.

Perubahan tarif layanan puskesmas tersebut berdasar pada Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2024 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Terkait hal ini, Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono menyebutkan, penyesuaian tarif layanan puskesmas akan sejalan dengan kualitas pelayanan yang terus diakselerasi.

“Sejauh ini yang kami dengar belum ada keluhan dari pasien. Dan tentunya kami berharap tidak ada keluhan. Beberapa pasien yang kami jumpai adalah peserta BPJS yang tidak terdampak penyesuaian tarif ini,” ujar Bambang.

Ia meminta, agar puskesmas di Kota Bandung memberikan pelayanan yang lebih optimal, setelah adanya perubahan tarif layanan.

“Perubahan tarif pada dasarnya untuk peningkatan layanan kepada masyarakat, baik dari segi kenyamanannya, kebersihannya maupun keramahan petugasnya,” tutup dia.

Example 300250
Example 120x600