Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Mulai Uji Coba Operasional, Pelabuhan Penyeberangan Akan Berpusat di Klademak Sorong

×

Mulai Uji Coba Operasional, Pelabuhan Penyeberangan Akan Berpusat di Klademak Sorong

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM – Dalam upaya untuk meningkatkan konektivitas antar-pulau dan memajukan sektor maritim Indonesia, Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II Papua Barat (BPTD) Kelas II Papua Barat telah menyelesaikan pembangunan Pelabuhan Penyeberangan Klademak pada tahun 2022.

Pelabuhan Klademak yang bertempat di Jl. Fery, Malawei, Kecamatan Sorong Manoi, Kota Sorong, telah di bangun sejak tahun 2020- 2022, dengan luas Pelabuhan Sekitar 28.596m2, Pelabuhan Penyeberangan Klademak dirancang dengan fasilitas dan layanan yang efisien.

Example 300x600
Pelabuhan Penyeberangan Klademak. (Foto:Mega/TN).

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Papua Barat, Sigit Mintarso berharap dengan adanya Pelabuhan Klademak dapat memberikan pengalaman perjalanan yang lebih baik bagi penumpang.

“Hal itu sejalan dengan komitmen kami terhadap keselamatan, kenyamanan, dan kecepatan. Kami percaya pelabuhan ini akan menjadi solusi penting untuk memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat dan industri,”ujarnya usai kegiatan uji coba pelabuhan penyeberangan Klademak, Senin (16/10/2023).

Kegiatan launching atau uji coba operasional pelabuhan penyeberangan Klademak. (Foto:Mega/TN).

Sigit menjelaskan, beberapa armada yang sebelumnya beroprasi di Pelabuhan Usahamina, Kota Sorong akan di pindah operasikan ke pelabuhan Klademak yakni, KMP.Terubuk I yang beroperasi sebanyak 3 kali (tiga kali) dalam seminggu.

Dengan mengambil rute : Pelabuhan Klademak РPelabuhan Arefi РPelabuhan Pam РPelabuhan Klademak-Pelabuhan Linmalas РPelabuhan Waigama РPelabuhan Klademak РPelabuhan Wejím Kofiau, dengan kapasitas angkut muatan penumpang 166 orang, dan KMP.

aktivitas pelabuhan penyeberangan Klademak.

Kurisi yang beroperasi sebanyak 3 kali (tiga kali) dalam seminggu dengan rute: Pelabuhan Klademak – Pelabuhan Serpele – Pelabuhan Klademak- Pelabuhan Batanta Pelabuhan Klademak – Pelabuhan Dulbatan dengan kapasitas angkut muatan penumpang 70 orang.

“Karena masih uji coba, untuk mengoperasikan pelabuhan ini menunggu izin operasi dari kementerian perhubungan. Saat ini sedang berproses, sedang kami ajukan,”jelasnya.

Oleh karena itu, dengan ibukanya Pelabuhan Klademak, Sigit berharap bukan hanya sebagai simbol keberhasilan pembangunan fisik yang dilakukan pemerintah, namun lebih pada penyediaan sarana dan prasarana yang diyakini mampu menggerakkan perekonomian masyarakat dan daerah.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *