Survey IndexPolitica : Tiga Calon Kuat Gubernur Banten, Rano Karno, Wahidin & Airin

Tiga Calon kuat Gubernur Banten. Ist.

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Lembaga survey nasional IndexPolitica merilis hasil survey jelang Pilkada Banten 2024. Survey dilakukan dari 5 Agustus 2023 sampai dengan 19 Agustus 2023 dengan wawancara tatap muka langsung menggunakan questioner dengan 388 responden mengunakan metode multi stage random sampling dan margin of error 5%.

Direktur Eksekutif IndexPolitica Indonesia, Denny Charter, menjelaskan kepada awak media di Jakarta, pada Rabu (23/08/2023) bahwa saat ini ada tiga calon kuat yang berpeluang pimpin Provinsi Banten mendatang yakni Rano Karno, Wahidin Halim dan Airin Rachmi Diany.

Rano Karno adalah aktor kawakan dan politikus dari PDIP yang sangat popular di Banten. Memiliki jaringan yang luas di masyarakat dan pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur Banten kemudian menjadi Gubernur Banten menggantikan Ratu Atut Chosiyah pada periode 2012 – 2017.

Wahidin Halim adalah petahana Gubernur Banten. Ia berhasil memimpin Banten 5 tahun terakhir periode 2017 – 2022 dan saat ini merupakan kader Partai Nasdem.

Airin Rachmi Diany adalah mantan Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) dua periode dari tahun 2011 – 2021 yang juga merupakan kader Partai Golkar.

Survey dari IndexPolitica menunjukan bahwa Rano Karno memiliki Popularitas tertinggi sebesar 85,56%, di ikuti Wahidin Halim dengan Popularitas sebesar 57,29%, dan Airin Rachmi Diany dengan Popularitas sebesar 40,54%.

Untuk elektabilitas Denny menjelaskan bahwa Rano Karno saat ini memiliki elektabilitas tertinggi dengan 18,76%, di ikuti oleh Wahidin Halim dengan 15,34% dan Airin Rachmi Diany dengan elektabilitas sebesar 7,83%.

Yang belum memutuskan untuk memilih masih sangat besar yakni diangka 47,07%. Menurut Denny Hal ini wajar mengingat Pilkada Banten masih 16 bulan lagi. Masih cukup waktu bagi para calon atau kandidat untuk mensosialisasikan diri dan program kerjanya kepada masyarakat. Denny juga menambahkan bahwa saat ini IndexPolitica sedang melakukan survey nasional untuk mengukur persepsi masyarakat terhadap calon presiden dan partai politik jelang tahun politik 2024. “Insyallah pertengahan September nanti kita akan rilis Survey Nasional Calon Presiden”, tutup Denny. .*

About The Author

%d blogger menyukai ini: