Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Pemkot Ambon Tambah Tiga Armada Pengangkut Sampah

×

Pemkot Ambon Tambah Tiga Armada Pengangkut Sampah

Sebarkan artikel ini
Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon, telah menambah tiga armada pengangkut sampah. Foto-Ist/TN
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Setelah sekian lama mengalami kesulitan dalam hal menangani sampah, lantaran kurangnya armada pengangkut, kini Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon boleh berlega hati.

Pasalnya, Pemkot Ambon lewat Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) telah menambah tiga armada pengangkut sampah.

Example 300x600

Adapun penambahan tiga armada tersebut melalui kegiatan pengadaan 2 mobil pengangkut sampah, yang dilakukan DLHP dan bantuan 1 unit mobil dari Pemerintah Belanda.

Kepala DLHP Kota Ambon, Alfredo Hehamahua mengaku, bantuan yang diberikan Pemerintah Belanda merupakan realisasi dari perjanjian kerjasama antara Pemerintah Kota Ambon dan MVO Nederland (Sweepsmart), yang dilakukan 2 tahun silam, yakni pada medio tahun 2021.

“Jadi, satu unit mobil pengangkut sampah atau mobil compactor berkapasitas 5 ton ini, merupakan realisasi dari kerjasama yang kita lakukan dua tahun lalu, bersama Pemerintah Belanda lewat MVO Nederland Sweepsmart,” kata Hehamahua kepada wartawan, di Ambon, Jumat (9/6/2023).

Menurut dia, mobil ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan mobil milik Pemkot Ambon, karena sudah dilengkapi dengan sistem teknologi pengangkut otomatis.

Dimana sampah yang berada di TPS, bisa langsung dimasukkan ke dump dan di pres atau ditekan, untuk selanjutnya dibawa ke TPS3R yang ada di TPA. Sehingga kadar muatan mobil tersebut dapat benar-benar maksimal.

Selain mobil, pihak MVO Nederland juga memberikan bantuan lain, yakni 5 TPS beserta perlengkapannya, dan 1 unit TPS3R kepada Pemerintah Kota Ambon.

“Semua bantuan yang diberikan sudah tiba di Ambon, dan direncanakan baru akan diserahkan pihak pemberi bantuan kepada Pemerintah Kota Ambon pada tanggal 26 Juni mendatang,” pungkas Hehamahua.

Sebelumnya, lanjut dia, pada awal tahun 2023, lewat kegiatan pengadaan, DLHP juga menambah 2 unit armada dump truk sampah yang pemanfaatannya, untuk peremajaan mobil yang sudah berusia lanjut, sekaligus menata jalur yang paling dibutuhkan untuk penanganannya.

“Semoga dengan adanya penambahan beberapa unit arnada pengangkut sampah ini, dapat sangat membantu Pemkot Ambon dalam mengatasi permasalahan sampah. Kami berharap, masyarakat juga dapat membantu Pemkot Ambon dengan lebih teratur dalam hal waktu pembuangan, serta lokasi pembuangan sampah yang tepat yang sudah disediakan Pemkot Ambon, demi kebersihan kota yang kita cintai ini,” tandas Hehamahua.

Example 300250
Example 120x600