Berita

Tamtelahitu: Santunan Duka Akan Dicairkan Secara Bertahap

×

Tamtelahitu: Santunan Duka Akan Dicairkan Secara Bertahap

Sebarkan artikel ini
Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Ambon, Hanny Tamtelahitu. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Ambon, Hanny Tamtelahitu menegaskan pencairan dana santunan duka akan dilakukan secara bertahap.

1492
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Pencairan itu dengan dilengkapi bukti penyelesaian dokumen-dokumen, untuk kita lampirkan ke bagian keuangan. Setelah itu baru bisa di proses santunan yang baru lagi,” kata dia kepada wartawan, di halaman Parkiran Belakang Balai Kota Ambon, Jumat (19/5/2023).

Berdasarkan pernyataan dari salah satu warga Kota yang dilansir dari salah satu media online, bahwa proses penyelesaian santunannya diperlambat, dikarenakan kehabisan uang. Terhadap hal itu Tamtelahitu membantah. Dirinya menegaskan, Pemkot Ambon tidak kehabisan uang, dan tidak memperlambat pencairan.

“Tidak pernah ada statement kami, bahwa tidak ada uang. Karena untuk menyelesaikan pembayaran santunan, kita harus membuat pertanggungjawaban terlebih dahulu,” tegasnya.

Menurutnya, pencairan ini diberikan kepada 50 KK yang berduka. Itu artinya, anggaran yang dicairkan sebesar Rp. 100 juta, sehingga pihaknya membagi dua kategori, yakni pemberian saat pemakaman, dan pengurusan yang dilakukan oleh keluarga yang berduka.

“Kita pakai sistem nomor antrian. Jadi, kalau misalnya datang pengurusan di bulan Mei, berarti akan menerima di bulan Juni. Itu karena, ada santunan yang diberikan saat pelepasan jenazah di rumah duka, dan ada yang keluarga datang mengurus data administrasi ke kami,” tutup Tamtelahitu.