Ratusan Siswa PAUD se-Kota Ambon Ikut Ajang Sport Kids

PJ Ketua TP-PKK yang juga bunda PAUD Kota Ambon, Lisa Wattimena, saat membuka kegiatan Kids Sport, yang berlangsung di Stadion Mandala Remaja Karang Panjang Ambon, Kamis (25/5/2023). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Ratusan siswa PAUD dari lima kecamatan di Kota Ambon mengikuti kegiatan perlombaan dan olahraga, di Stadion Mandala Remaja Karang Panjang Ambon, Kamis (25/5/2023). Kegiatan bertajuk Kids Sport tersebut diisi dengan pertandingan Gawang Mini, Lomba Lari Estafet dan Penaliti Kick.

PJ Ketua TP-PKK yang juga bunda PAUD Kota Ambon, Lisa Wattimena dalam sambutannya memberikan apresiasi yang tinggi, terhadap pelaksanaan kegiatan ini, karena dapat memberikan rangsangan terhadap tumbuh kembang anak, serta memberikan kesempatan kepada anak untuk berkreatifitas, dan menyalurkan potensi masing-masing dalam bidang olahraga.

“Kegiatan ini juga sebagai salah satu bentuk pembelajaran karakter, agar bagaimana anak menunjukan bakat, melatih kesabaran, keberanian, sportifitas, serta kerjasama,” ungkapnya.

Menurut Lisa, hal-hal tersebut harus ditanamkan pada anak usia dini, yang merupakan usia emas (golden age).

“Di masa inilah tumbuh kepekaan, serta dasar dan pondasi dari segala perkembangan dan pertumbuhan otak anak,” lanjutnya.

Lisa berharap, kegiatan Sport Kids yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ambon ini, dapat terus meningkatkan keratifitas dan kualitas anak dalam pengembangan bakat, minat dan potensi, serta motivasi anak sejak usia dini.

Ditemui di tempat yang sama, Kepala Bidang (Kabid) PAUD dan Pembinaan Masyarakat Disdik Ambon, Yasmu Budiatin mengatakan, kegiatan sport kids adalah kegiatan rutin tahunan, yang menjadi bagian dari transisi siswa PAUD ke SD.

Diakuinya, dalam transisi tersebut siswa tidak dilepas begitu saja, namun ada kegiatan yang dilaksanakan dalam mendorong enam aspek perkembangan, yang menjadi pondasi pendidikan hingga kelas II SD. Salah satunya adalah, aspek perkembangan psikomotorik.

“Dengan kegiatan ini selain kemampuan psikomotor, emosional, dan interaksi sosial juga, untuk mengajak anak mencintai olahraga, sehingga membentuk bibit-bibit atlet Kota Ambon sejak usia dini,” tutupnya.