Peringati Hardiknas, Heru Budi Apresiasi Dedikasi dan Pengabdian Setiap Insan Pendidikan

Pemprov DKI Jakarta saat menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023 di kawasan Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (2/5/2023). (Foto : Dok. Humas Pemprov DKI).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023 di kawasan Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (2/5/2023).

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono yang menjadi Inspektur Upacara memberikan apresiasi dan penghargaan kepada tiga tenaga kependidikan Kabupaten Kepulauan Seribu atas dedikasinya selama ini untuk mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan di tengah keterbatasan.

Kepala SDN Pulau Harapan 02 Pagi dan Kepala SMPN 1 Atap Pulau Sebira Jamil Fahmi, Guru SDN Pulau Kepala 02 Pagi Hidayat, dan Tenaga Kependidikan PKBM 37 Pulau Untung Jawa M Yusuf yang mendapat penghargaan tersebut.

Dalam sambutannya, Heru turut mengundang ketiga tenaga kependidikan tersebut untuk hadir dalam acara puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI di Istana Negara, pada 17 Agustus 2023 mendatang.

“Terima kasih atas dedikasi dan pengabdiannya untuk mencerdaskan peserta didik di DKI Jakarta dan turut melahirkan generasi emas Indonesia di masa depan. Semoga yang tadi saya sampaikan bisa diundang dalam acara peringatan HUT RI di Istana Negara Jakarta,” kata Heru dikutip dari laman ppid.jakarta.go.id, Rabu (3/5/2023).

Lebih lanjut, Heru mengungkapkan momen peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini merupakan saat yang tepat untuk merefleksikan kembali setiap tantangan dan langkah berani yang sudah dilakukan selama 3 tahun terakhir.

“Kita dapat dapat merancang arah perjalanan guna memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan. Layar yang sudah dibentangkan jangan sampai terlipat lagi. Kita semua para pendidik, tenaga kependidikan, seniman, dan pelaku budaya juga peserta didik di seluruh penjuru Nusantara adalah kapten dari kapal besar bernama Indonesia,” jelas Heru.

Lebih lanjut, menurut Heru, perjalanan harus dilanjutkan dan perjuangan harus diteruskan agar semua anak bangsa merayakan kemerdekaan yang sebenar-benarnya dalam belajar dan bercita-cita.

Untuk itu, Pj. Gubernur Heru berharap kepada seluruh generasi muda, khususnya di Jakarta agar dapat memanfaatkan dan mengikuti setiap jenjang pendidikan, mulai dari tingkat SD hingga perguruan tinggi.

“Saya berharap semuanya bisa menikmati dan mengikuti pendidikan mulai dari SD sampai universitas. Belajar dengan semangat,” ucap.

Selain itu, Pj. Gubernur Heru juga mengingatkan kepada para peserta didik untuk merayakan kemerdekaan yang sebenarnya melalui belajar yang rajin untuk meraih cita-cita.

“Mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan merdeka belajar, mendidik generasi pelajar Pancasila yang cerdas, berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan,” tutur Heru.

“Selamat hari pendidikan. Sukses Jakarta untuk Indonesia,” pungkas Heru.

Sebagai informasi, dalam acara tersebut dihadiri oleh insan pendidikan, di antaranya peserta didik tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA), peserta didik disabilitas, kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan dari pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) dari seluruh wilayah DKI Jakarta.