Berita

Pemprov Kalsel Seleksi Atlet ke Fornas VII

×

Pemprov Kalsel Seleksi Atlet ke Fornas VII

Sebarkan artikel ini
Suasana pertandingan olahraga tradisional Balogo pada festival olahraga tradisional Kalsel. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANJARMASIN – Jelang Festival Olahraga Masyarakat Nasional (Fornas) VII di Provinsi Jawa Barat, maka Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) bersama Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Kalsel menggelar Festival Olahraga Masyarakat Daerah (Forda) Kalsel.

1552
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel, Budiono kepada wartawan, di Banjarmasin, Selasa (9/5/2023).

Budi mengatakan, Dispora Kalsel Mei 2023 ini menggelar beberapa even, salah satunya yakni persiapan menuju FORNAS VII di Jabar pada Bulan Juli 2023.

“Dalam persiapannya ada 5 cabor atau Inorga yang diseleksi oleh Kormi Kalsel melalui tiga komisi, yaitu komisi olahraga kesehatan dan kebugaran, komisi olahraga ekstrim, komisi olahraga tradisional dan kreasi budaya,” katanya.

Ia menuturkan, untuk olahraga tradisional dan kreasi budaya dilaksanakan antara tanggal 9-12 Mei, dan selanjutnya untuk olahraga ekstrim, olahraga kesehatan dan kebugaran di antara tgl 12-14, dan bagi inorga yang belum dipertandingkan akan dipertandingkan di Forda 20-24 mei.

“Harapannya dengan adanya Forda ini menjadi bahan atau dasar, untuk pegiat olahraga yang terbaik untuk dikirim ke Fornas Jabar nantinya,” ucapnya.

Disamping itu, Budi mengatakan, bagi inorga yang kepengurusannya ditingkat kabupaten/kota tidak lebih dari lima atau kurang dari lima, diharapkan tidak perlu mengikuti Forda dan hanya melakukan seleksi internal saja.

“Sehingga lebih efektif dan bisa dimanfaatkan oleh inorga lain, yang sudah lebih dari lima kepengurusan di tingkat kabupaten/kota se Kalsel,” katanya.

Adapun terkait andalan inorga Kalsel di ajang Fornas, Budi menuturkan, semua inorga atau cabor itu mempunyai peluang yang sama, karena olahraga masyarakat ini sangat dinamis, sehingga persaingan cukup ketat.

“Sesuai dengan yang disampaikan Gubernur Kalsel, saat pengukuhan kepengurusan KORMI, Kalsel akan mengerahkan pegiat-pegiat olahraga masyarakat, melalui Kormi dan Dispora sebanyak 500 orang,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, FORDA sendiri rencananya akan dilaksanakan di tiga lokasi, yakni di GOR Hasanudin, SKB Mulawarman dan Lapangan Sepakbola Kayu Tangi.