Mahasiswa Uniska MAB Studi Kehumasan ke Pemprov Kalsel

Suasana kunjungan mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Uniska MAB ke kantor Diskominfo Provinsi Kalsel. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalsel menerima kunjungan dari puluhan mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari (Uniska MAB), di Banjarbaru, Jumat (12/5/2023).

Kunjungan tersebut dilaksanakan dalam rangka studi kehumasan ke Pemerintah Provinsi Kalsel.

Kepala Bidang Komunikasi Publik Diskominfo Kalsel, Jajang Markoni mengatakan, Diskominfo Kalsel memiliki dua bidang yang bertugas menyebarkan informasi kepada masyarakat, diantaranya Bidang Komunikasi Publik, serta Bidang Informasi Publik dan Statistik.

Jajang menuturkan, dalam Bidang Komunikasi Publik ada tiga seksi yang bertugas menjalankan program bisnis kehumasan yakni, Seksi Opini Publik, Seksi Kemitraan Media, Seksi Sumber Daya Komunikasi Publik dan Kehumasan (SDKPK) yang menjadi satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

“Proses bisnis kehumasan di Bidang Komunikasi Publik dimulai dengan menemukan opini publik, atau informasi yang berkaitan dengan isu strategis selama satu minggu ke depan,” kata Jajang.

Dalam hal tersebut, lanjut Jajang, Seksi Opini publik menggunakan aplikasi pihak ketiga, yakni intelegence media analysis yang menerima informasi dari ribuan media online baik lokal, nasional, internasional dengan kata kunci pencarian tertentu.

Isu-isu tersebut kemudian akan ditindaklanjuti oleh media internal yang ada di Seksi SDKP dan Bidang Informasi Publik, yakni Media Center dan Radio Abdi Persada untuk diolah menjadi konten pemberitaan.

“Nantinya, konten pemberitaan untuk menjawab isu yang menjadi agenda setting tersebut kita tayangkan, melalui berbagai kanal media yang kita punya baik itu website, radio dan sejumlah media sosial lainnya,” jelas Jajang.

Sementara itu, Kepala Bidang Informasi Publik dan Statistik, Tarwin Patik Mustafa yang turut mendampingi menambahkan, selain mengolah opini publik menjadi isu strategis dan konten pemberitaan, Diskominfo Kalsel juga mengelola data statistik sektoral yang bersumber dari seluruh SKPD di lingkup Pemerintah Provinsi Kalsel.

“Seluruh informasi yang dihasilkan SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalsel akan kita kumpulkan di website Satu Data Banua dan PPID, atau melalui media luar ruang, yakni videotron yang terpasang di beberapa titik di Kota Banjarmasin dan Banjarbaru,” terang Tarwin.

Sedangkan Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Uniska MAB, Risa Dwi Ayuni mengatakan, pihaknya sengaja memilih Diskominfo Kalsel, karena sangat relevan dengan jurusan komunikasi di Uniska MAB.

“Melalui kunjungan ini kami mempelajari secara langsung mengenai program komunikasi dan kehumasan, yang dilakukan Diskominfo Kalsel untuk menunjang citra pemerintah yang baik,” jelas Risa.

Sementara itu, salah seorang mahasiswi semester 6 Prodi Ilmu Komunikasi UNISKA Banjarbaru, Noor Afifah mengaku senang, dan mendapatkan banyak ilmu yang bagus tentang ilmu komunikasi dari Diskominfo Kalsel.

“Sangat bagus dapat beberapa masukan baru juga tentang bagaimana ilmu komunikasi kehumasan dari Diskominfo. Hal ini sangat berguna bagi mahasiswa kedepannya,” tutup Afifah.