Kebakaran Lahan di Kelurahan Syamsudin Noor Berhasil Dipadamkan BPBD Kalsel

Petugas BPBD Kalsel memadamkan api di wilayah kelurahan Syamsudin Noor. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANJARBARU – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan kembali memadamkan kebakaran lahan, yang terjadi di Kota Banjarbaru, Minggu (21/5/2023), sekitar pukul 13.32 Wita.

Kali ini terjadi di wilayah Jalan Gotong Royong RT 44 RW 09 Kelurahan Syamsudin Noor, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru.

Langkah penanggulangan dilakukan bersama dari berbagai pihak. Baik BPBD Kalsel, BPBD Kota Banjarbaru, Polda Kalsel, TNI, Manggala Agni, Brigdal Karlahut, dan masyarakat serta Barisan Pemadam Kebakaran (BPK swasta).

Satgas Darat BPBD Provinsi Kalimantan Selatan, Baihaqi Saputra menuturkan, informasi awal diterima sekitar pukul 13.32 wita dan langsung ditindaklanjuti.

BPBD Kalsel menurunkan 2 unit armada dan 1 Regu Tim Pemadaman. Kendati medan di lokasi cukup sulit untuk dijangkau, belum lagi arah angin dan vegetasi yang sangat mudah terbakar, tidak menyurutkan semua regu untuk berusaha keras memadamkan api.

“Terlebih lokasi tergolong masih berdekatan dengan Bandara Syamsudin Noor. Sehingga semua petugas dan masyarakat, termasuk pihak bandara terlibat dalam penanggulangan,” tuturnya kepada wartawan, di Banjarbaru, Senin (22/5/2023).

Selain petugas dari tim Satgas BPBD Provinsi Kalsel, terlihat juga petugas dari BPBD Kota Banjarbaru, Brigdal Karlahut, Manggala Agni, TNI POLRI, dan pemadam swasta yang turut membantu dan bekerja sama untuk memadamkan kobaran api hingga Pukul 17.00 Wita.

Pemadaman di lokasi tersebut dinyatakan aman walaupun masih terlihat beberapa titik asap, karena api yang masih merambah masuk ke dalam lahan.

Sementara itu, Kepala BPBD Kalsel, Suria Fadliansyah saat dikonfirmasi mengatakan, BPBD Kalsel terus siaga menghadapi Karhutla.

Bersama seluruh pihak antara lain Polda Kalsel, TNI Manggala Agni dan yang lainnya, pihaknya selalu berkomunikasi meningkatkan koordinasi.

“Gubernur selalu mengingatkan, agar BPBD Kalsel merespon cepat setiap kejadian bencana termasuk karhutla,” pungkas dia.