Ini yang Dilakukan BPBD Kalsel Antisipasi Karhutla

BPBD Provinsi Kalsel kerahkan sarana, guna penanggulangan bencana asap, akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kalsel. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANJARBARU – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan mengerahkan seluruh sumber daya atau personil, untuk peningkatan kualitas penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kalsel.

Plh Kepala BPBD Kalsel, Bambang Dedi M mengatakan, upaya pengerahan dinilai sangat penting, terutama kesiapsiagaan petugas dan ketersediaan sarana prasarana.

“Kita terus bergerak mengerahkan seluruh sumber daya yang ada. Seperti hari ini, kami kembali bergotong royong untuk memastikan siap pakai alat dan sarana pendukung,” ujar Bambang Dedi M kepada wartawan, di Banjarbaru, Jumat (19/5/2023).

Dikatakan Bambang, serangkaian antisipasi dan upaya pencegahan bencana karhutla terus dilakukan. Langkah ini, merupakan penyempurnaan dan evaluasi secara terencana agar saat menghadapi Karhutla di lapangan.

“Terlebih ini menjadi atensi Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor. Beliau mengingatkan, agar seluruh karyawan BPBD harus meningkatkan kesiapsiagaan, dalam menghadapi setiap risiko bencana,” lanjutnya.

Menurut Bambang, kolaborasi antar segenap komponen merupakan langkah efektif penanggulangan bencana di daerah, termasuk Karhutla.

Kemudian Koordinator TRC BPBD Kalsel, Mansyah menambahkan, sebagaimana yang terpantau pada kondisi cuaca saat ini, potensi Karhutla harus terus diwaspadai.

“Bersama TRC BPBD kabupaten/kota dan Manggala Agni dan segenap unsur penanggulangan Karhutla di lapangan, telah terkoordinasi dengan baik dan karhutla siap kami padamkan,” pungkas dia.