Berita

Dinas Perikanan Ambon Bagi Ikan Gratis Kepada Masyarakat Miskin, Ini Alasannya

×

Dinas Perikanan Ambon Bagi Ikan Gratis Kepada Masyarakat Miskin, Ini Alasannya

Sebarkan artikel ini
Dinas Perikanan Kota Ambon melaksanakan kegiatan pembagian ikan segar secara gratis, bagi masyarakat miskin. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Dinas Perikanan telah melaksanakan kegiatan pembagian ikan segar secara gratis, bagi masyarakat miskin. Kegiatan ini dilakukan untuk memenuhi target ketahanan pangan khususnya protein ikan.

1559
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Kepala Dinas (Kadis) Perikanan Kota Ambon, F. Maail mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 hari di tiga lokasi yang berbeda, yakni di Desa Negeri Lama dan Negeri Passo, Kecamatan Baguala pada Rabu (24/5/2023), serta di Pasar Mardika, pada Kamis (25/5/2023) kemarin.

“Pada pembagian di Kecamatan Baguala dengan sasaran 400 Kepala Keluarga (KK) miskin, sedangkan di Pasar Mardika, dengan sasaran masyarakat umum, khususnya ibu Rumah Tangga, penyapu jalan, penarik becak, pedagang Kaki Lima, juga tukang parkir, dengan total 155 kupon. Ikan yang dibagi adalah Tuna/ Cakalang Beku, dengan total 1,5 ton,” ungkap dia kepada wartawan, di Ambon, Jumat (26/5/2023).

Maail menjelaskan, kegiatan ini juga menjadi bagian dari upaya pengendalian inflasi, karena harga ikan yang tinggi di pasaran akibat cuaca ekstrim.

“Harapan kita melalui kegiatan pembagian ikan segar tersebut, sedikit banyak membantu pemerintah mengendalikan inflasi di Kota Ambon,” terangnya.

Menurut dia, pembagian ikan gratis akan terus dilakukan, jika kondisi cuaca masih ekstrim, dan harga ikan masih tinggi karena nelayan tidak dapat melaut.

“Jika kondisi cuaca masih ekstrim, dan harga ikan masih tinggi, maka untuk pengendalian inflasi, Dinas Perikanan dapat melakukan lagi operasi pasar, atau bagi ikan gratis kepada masyarakat,” tandasnya.

Untuk diketahui, kegiatan pembagian ikan secara gratis dilakukan dengan mekanisme pembagian kupon kepada masyarakat miskin. Kegiatan ini turut di dukung Dinas Perhubungan Kota Ambon dan Satpol PP.