Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Buruh: UU Cipta Kerja Kuburan Bagi Pekerja

×

Buruh: UU Cipta Kerja Kuburan Bagi Pekerja

Sebarkan artikel ini
Salah seorang massa dari elemen buruh berorasi menolak UU Cipta Kerja saat May Day di depan Monas, Jakarta, (1/5/2023). (foto: Morteza Syariati Albanna/TN).
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Seorang orator dari Gabungan Serikat Pekerja Manufaktur Independen Indonesia (GSPMII) mengajak para buruh untuk kompak menolak implementasi Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2023 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja.

Baginya, UU Cipta Kerja merupakan kuburan bagi pekerja. Selain itu, UU yang digolkan oleh rezim Joko Widodo (Jokowi) dan DPR periode 2019-2024 tersebut merupakan pangkal permasalahan dari maraknya pemberian upah murah.

Example 300x600

Selanjutnya, UU itu dinilai problematik lantaran sangat pro kepada pengusaha yang bisa semena-mena memecat buruh kapanpun tanpa pemberian upah setimpal, bahkan ada yang tak diupahi sepeserpun.

“Tolak UU Cipta Kerja kuburan bagi pekerja,” teriaknya dari mobil berkelir putih di sekitar silang Monas, Jakarta Pusat, Senin (1/5/2023).

Di sisi lain, menurutnya, pekerja magang berhak mendapat gaji meskipun tidak full. Dia menyoroti banyaknya pekerja magang lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang sama sekali tidak digaji oleh perusahaan.

“Ini karena UU Cipta Kerja,” katanya.

Dia pun mengaku kecewa berat dengan Presiden Jokowi lantaran tidak berani menemui massa buruh saat May Day 1 Mei 2023 di Jakarta

“Mungkin alasannya mudik. Minal Aidzin Walfaidzin wahai para pemimpin, di sini buruh makin prihatin,” kata dia.

Diketahui, Presiden Jokowi telah menerbitkan Perppu Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja (Ciptaker), Jumat (30/12/2022), dengan dalih keadaan dunia saat ini sedang tidak baik-baik saja. Padahal, di sisi bersamaan Mahkamah Konstitusi (MK) menyebut UU Cipta Kerja Inkonstitusional.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *