Berita

Sejumlah Kegiatan Digelar di HUT Pemkot Ternate ke-24

×

Sejumlah Kegiatan Digelar di HUT Pemkot Ternate ke-24

Sebarkan artikel ini
Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) peringatan Hari Ulang Tahun Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate ke-24 tahun 2023, yang di gelar di halaman Kantor Wali Kota Ternate, Kamis (27/4/2023). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate ke-24 tahun 2023, yang di gelar di halaman Kantor Wali Kota Ternate, Kamis (27/4/2023).

1550
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Peringatan HUT Pemkot Ternate tahun ini mengangkat tema “Bersinergi Wujudkan Ternate Mandiri dan Berkeadilan”, dan dirangkaikan dengan Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVII tahun 2023 dengan tema “Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul”.

Pada Upacara peringatan HUT Pemkot Ternate tersebut, Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), sedangkan Pemimpin upacara yakni Lurah Gamalama, Chairul Arifin Husain, dan Perwira Upacara, yakni Kabid Kepemudaan Dispora Kota Ternate, Fadly Abu Kasim.

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman dalam sambutannya mengatakan, dalam proses perjalanan panjang Pemerintah Kota Ternate yang telah memasuki kurun waktu 24 tahun ini, telah banyak langkah-langkah kebijakan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, yang dilakukan dengan berbagai kemajuan.

Dia lantas mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, yang telah mendukung kemajuan Pemkot Ternate.

“Dalam kesempatan yang baik ini, ijinkan saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak, yang menjadi bagian penting dari perjalanan pembangunan Kota Ternate, baik para pejuang dan para tokoh, yang telah memiliki komitmen besar, untuk memperjuangkan memajukan Kota Ternate,” ucap Wali Kota.

Dia mengaku, tahun ini genap dua tahun dirinya memimpin Kota Ternate, dan RPJMD yang di susun untuk 5 Tahun Ternate Andalan adalah, periode terakhir dalam mengimplementasi tahapan dari pelaksanaan RPJPD Kota Ternate periode 2005-2025.

“Selama tahun 2022 yang merupakan tahun kedua periode perencanaan RPJMD Kota Ternate Tahun 2021-2026, dimana selama tahun 2022 implementasi tiga program prioritas yang terdapat dalam pentahapan RPJMD, dapat terealisasi secara terukur, baik, dan tepat sasaran. Namun kami menyadari sampai saat ini, masih juga terdapat beberapa permasalahan perkotaan, yang masih membutuhkan penanganan berlanjut di tahun 2023 ini,” ujar Wali Kota.

Dikatakan, di usia Pemkot Ternate yang ke-24 tahun ini adalah usia yang matang, sehingga semua pihak tetap harus bekerja keras dan berinovasi, terutama dalam pelayanan publik yang harus lebih ditingkatkan lagi.

“Saya berpesan kepada perangkat daerah terkait, untuk lebih memfokuskan diri dalam melaksanakan pelayanan publik, sebagaimana diketahui bahwa secara nasional penilaian kepatuhan standar pelayanan publik, dilakukan dengan melihat keterpenuhan pada 4 dimensi penilaian, yaitu input (Kompetensi Penyelenggara dan Sarana Prasarana), proses (Standar Pelayanan), output (Persepsi Maladministrasi), dan pengaduan (Pengelolaan Pengaduan),” jelas Wali Kota.

Selama tahun 2022, Pemkot Ternate berhasil meraih sejumlah penghargaan baik ditingkat regional maupun tingkat nasional, diantaranya Penghargaan Kota Layak Anak kategori Nindya, Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Peringkat Pertama kategori Implementasi SAPK dan Pemanfaatan CAT, dan Penghargaan atas keberhasilan mencapai target NonPolio AFP (NPAFP) dan Discarded (bukan campak-bukan rubella).

Pada upacara tersebut Wali Kota menyerahkan SK pensiun kepada 8 pegawai purna tugas, serta penyerahan cenderamata, piagam penghargaan, pengembalian simpanan Korpri, serta merchandise dari Bank Mandiri Taspen KCP Ternate.

Selain itu, Wali Kota juga menyerahkan SK Pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tenaga Kesehatan Formasi Tahun 2022.

Usai upacara, Wali Kota menerima bantuan dukungan dari Kementerian Perhubungan RI untuk pembangunan di Kota Ternate, berupa aset bangunan pelabuhan penyeberangan feri Moti dan Batang Dua, menerima sertifikat aset Pemkot Ternate oleh Kantor Pertanahan ATR BPN Kota Ternate, serta menerima 2 unit kendaraan roda 3 dari PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional IV Ternate.

Wali Kota juga menyerahkan hadiah untuk pemenang lomba festival Ela-ela tahun 2023, yang tahun ini dimenangkan oleh Kelurahan Makassar Timur.

Pada acara tersebut, TP PKK Kota Ternate melalui program “Bank Sampah Andalan” mengajak seluruh ASN, untuk menjadi nasabah bank sampah.

Selain itu, dilakukan juga edukasi pemilahan sampah di sumber sampah, serta penandatanganan komitmen OPD di lingkup Pemerintah Kota Ternate.

Dan diakhir rangkaian acara peringatan HUT Pemkot Ternate, Bank BPRS Bahari Berkesan menggelar pasar murah, sekaligus memperkenalkan aplikasi Ternate Smart, yakni aplikasi yang dapat digunakan untuk transaksi non tunai di Kota Ternate.