Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Kapolri Perintahkan Anggota Polri Siap Siaga Pergeseran Puncak Arus Balik

×

Kapolri Perintahkan Anggota Polri Siap Siaga Pergeseran Puncak Arus Balik

Sebarkan artikel ini
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dalam apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2023 di Lapangan Silang Monas Jakarta. (foto: Instagram/@listyosigitprabowo).
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memerintahkan seluruh anggota Polri untuk tetap bersiaga melayani dan mengamankan arus balik Lebaran 2023 dengan adanya potensi pergeseran puncak arus yang diperkirakan berlangsung hingga Minggu (30/4/2023).

Kapolri Sigit meminta seluruh anggota Polri yang bertugas di lapangan untuk sigap bersiaga, baik di jalan tol maupun arteri, serta memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Example 300x600

“Saya perintahkan anggota terkait adanya pergeseran prediksi puncak arus balik ini, ada distribusi sampai hari Minggu nanti. Saya minta anggota siap siaga baik tol maupun arteri, sehingga distribusi dari puncak arus balik semua masyarakat terlayani,” kata Kapolri dalam keterangannya, Rabu (26/4/2023).

Kapolri memprediksi akan ada sekitar 203.000 kendaraan per hari yang melintas saat puncak arus balik. Maka itu pihaknya telah menyiapkan beberapa strategi, mulai dari pemberian diskon tarif tol hingga pemberlakuan rekayasa lalu lintas seperti one way, contraflow, hingga ganjil genap untuk mengurai kepadatan.

Pemerintah juga telah mengimbau masyarakat untuk menghindari puncak arus balik dengan memberikan kesempatan bagi TNI-Polri, BUMN, ASN, hingga pegawai swasta untuk menghindari puncak arus balik dengan mengajukan cuti tambahan.

“Pak Menkopolhukam Mahfud MD juga telah menginformasikan bahwa untuk kegiatan halalbihalal digeser tidak minggu ini, tetapi minggu depan,” kata Kapolri Sigit.

Sigit mengatakan puncak arus balik yang harusnya terjadi pada Selasa (25/4/2023), mengalami perubahan. Berdasarkan hasil pengecekan, terdapat penurunan sebanyak 13 persen jumlah kendaraan dari prediksi awal.

“Tentunya, ini akan kami tunggu apakah penurunan 13 persen tetap berlaku. Artinya, kalau bertahan, kami sudah bisa menurunkan prediksi puncak yang 203 ribu karena bisa turun 13 persen,” ucap Kapolri Jenderal Sigit.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *