Di Musrenbang RKPD 2024, Heru Budi: Fokus Tingkatkan Transformasi Menuju Kota Global

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, membuka acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024 di Ruang Pola, Balai Kota Jakarta, Senin (10/4/2023). (Foto : ppid.jakarta.go.id).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, membuka acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024 di Ruang Pola, Balai Kota Jakarta, Senin (10/4/2023).

Dalam acara tersebut Heru menyampaikan, Jakarta akan terus berupaya dalam melakukan transformasi menuju kota global seiring dengan pemindahan Ibu Kota Negara ke Nusantara di Provinsi Kalimantan Timur. Kemudian dirinya menuturkan, pada 2024 mendatang jajarannya optimis dan bekerja sama dengan Pemerintah Pusat untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi di Jakarta.

“Bahwa pada 2024 ada beberapa perhatian, optimis terhadap ekonomi ke depan, dan disiapkan konsep-konsep untuk mengatasi, mempercepat pertumbuhan ekonomi, dengan kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha,” ujar Heru dalam keterangan resmi ppid.jakarta.go.id dikutip TeropongNews di Jakarta, Senin (10/4/2023).

Kemudian Heru mengatakan, untuk mewujudkan Jakarta menjadi kota global, ada beberapa indeks yang harus diperhatikan, seperti penurunan angka kemiskinan ekstrem, stunting, peningkatan transportasi massa, dan pengurangan kemacetan.

“Keseriusan transformasi Jakarta menjadi kota global merupakan bentuk komitmen keterlibatan Jakarta untuk kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh karena itu, peningkatan inovasi dan terobosan terus kita upayakan,” ungkap Heru.

Dalam hal ini, Heru menekankan demi mewujudkan Jakarta menjadi pusat perkembangan ekonomi nasional setelah Ibu Kota berpindah, dirinya juga menyebut telah membahas ini dengan kementerian dan instansi terkait.

Lebih lanjut, Pj. Gubernur Heru mengatakan dalam rangka mendorong komitmen tersebut, Jakarta telah menetapkan cita provinsi, yaitu ‘Sukses Jakarta Untuk Indonesia’. Hal tersebut mempunyai makna, bahwa Jakarta mempunyai pengalaman khusus sebagai Ibu Kota Negara RI dan diharapkan dapat terus menjadi berkah bagi seluruh daerah di Indonesia.

Sebagai implementasi cita provinsi tersebut, telah ditetapkan tema pembangunan RKPD tahun 2024, yaitu ‘Transformasi Jakarta sebagai Kota Tangguh, Berdaya Saing, dan Berkelanjutan untuk Indonesia’.

Adapun prioritas rencana pembangunan Jakarta tahun 2024 sejalan dengan beberapa penyelesaian prioritas nasional serta isu-isu, seperti penanggulangan banjir, penanganan kemacetan, pemulihan dari perlambatan ekonomi, penanggulangan kemiskinan, penanganan stunting, serta penguatan nilai demokrasi.

Secara khusus, Pj. Gubernur Heru meminta seluruh Kepala Perangkat Daerah untuk merencanakan program pembangunan yang dapat memacu pertumbuhan berkualitas di sektor ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup.

“Pastikan aspirasi masyarakat menjadi masukan dalam penyusunan program dan kegiatan sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat,” imbuh Heru.

Selain itu, Pj. Gubernur Heru juga berpesan, agar pembahasan dalam Musrenbang tahun ini dapat difokuskan pada 6 prioritas pembangunan, sebagai perwujudan program dan kegiatan yang mendukung ‘Sukses Jakarta Untuk Indonesia’.

Sebagai informasi, kegiatan Musrenbang ini dihadiri oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa, Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Suhajar Diantoro, Pangdam Jaya Mayjen Mohamad Hasan, Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Luky Alfirman, jajaran Forkopimda, jajaran DPRD, perangkat daerah, para pakar, anggota perguruan tinggi, organisasi internasional, NGO, organisasi kemasyarakatan, dan lainnya.