Salut! Kota Ternate Raih Penghargaan UHC Award

Menteri Dalam Negeri Jenderal Polisi (Purn) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian., M.A., Ph.D, saat menyerahkan penghargaan berupa piala dan piagam Universal Health Coverage (UHC) Award Tahun 2023 kepada Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman, yang berlangsung di Balai Sudirman Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2023). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman menerima penghargaan berupa piala dan piagam Universal Health Coverage (UHC) Award Tahun 2023, yang diselenggarakan oleh Pemerintah Pusat (Pempus), dalam hal ini Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Jenderal Polisi (Purn) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian., M.A., Ph.D, di Balai Sudirman Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2023).

Dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin, penghargaan bertajuk “Wujud nyata komitmen Pemda dalam mendukung program jaminan kesehatan nasional bagi masyarakat Indonesia” diberikan kepada 22 provinsi dan 334 kabupaten, yang salah satunya adalah Kota Ternate.

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman mengaku, semua capaian UHC akan sepenuhnya menjadi pencapaian penuh seluruh masyarakat Kota Ternate, dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

“Tanpa masyarakat yang sejahtera secara kesehatan dan sosial, maka program pembangunan dan perekonomian di Kota Ternate pastinya tidak akan berjalan dengan optimal, dan ini sudah sejalan dengan visi misi Kota Ternate Andalan,” tegas Wali Kota Ternate saat dihubungi dari Ternate, Rabu (15/3/2023).

Hal ini sangat didukung penuh oleh Wali Kota Ternate dan jajaran Pemerintah Kota setempat, yang sangat mendambakan layanan kesehatan yang menyeluruh bagi seluruh masyarakat Kota Ternate, dengan perlindungan optimal, ketersediaan sarana pendukung kesehatan dan aksesibilitas yang merata di seluruh wilayah Kota Ternate.

“Saya sangat mendukung dan mengoptimalkan UHC yang telah diraih Kota Ternate di tahun 2022 dan berlanjut di tahun 2023. Saat ini Ternate telah mencapai 97,14 persen cakupan jumlah penduduk terdaftar dalam JKN-KIS, dari total jumlah penduduk 201.916 jiwa. Ini juga masih menjadi pekerjaan besar, karena masih ada 3 persen lagi penduduk untuk didaftarkan, agar Kota Ternate bisa meraih 100 persen penduduk terdaftar,” pungkasnya.

Wali Kota juga berharap, dengan diraihnya UHC ini, akan menjadi wujud nyata lebih besar bahwa Pemerintah Kota Ternate menaruh perhatian lebih, dan memberikan peranan penting dalam pembangunan sumber daya manusia, khususnya sektor perlindungan jaminan kesehatan bagi masyarakatnya di Kota Ternate.

“Diharapkan masyarakat luas dapat merasakan manfaat besar dari program JKN, dengan prinsip gotong royong yang diusungnya. Apalagi, dengan ditunjang transformasi mutu layanan dalam program JKN yang sudah sejalan dengan pencapaian UHC di Kota Ternate,” harapnya

Sebelumnya, Wakil Presiden RI Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin dalam sambutannya, saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, jika tugas pemerintah daerah adalah memperluas cakupan kepesertaan jaminan perlindungan kesehatan nasional.

Termasuk mengajak masyarakat menjadi anggota aktif jaminan perlindungan kesehatan nasional, dan meningkatkan kualitas layanan kesehatan.

“Pemerintah Daerah harus mengambil peran lebih, dengan mendaftarkan penduduk rentan ke BPJS Kesehatan. Penduduk rentan tersebut adalah penyandang disabilitas, lansia, dan masyarakat terlantar. Termasuk penyediaan anggaran daerah untuk pembayaran iuran,” kata Wapres.