Pengamat Sebut Langkah Anies Menjadi Capres 2024 Tak Akan Mulus

Bacapres Anies Rasyid Baswedan (Foto: Ist).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Pengamat Politik dari Universitas Bung Karno, Faisal Chaniago menyebut Kans Anies Baswedan untuk menjadi Capres di Pemilu 2024 patut dipertanyakan. Pasalnya NasDem sebagai pengusung Anies hingga kini masih menunggu hasil keputusan dari PKS dan Demokrat.

“Kalau Anies pun kelompok partainya tidak terlalu besar basisnya dan belum ada koalisi resmi juga dari kelompok ini PKS, Demokrat dan Nasdem,” paparnya saat dihubungi TeropongNews, diberitakan Senin (27/3/2023).

Meski demikian, Faisal menilai langkah yang diambil NasDem dengan memboyong Anies sudah tepat lantaran Anies terkenal memiliki basis massa Islam yang tinggi.

“Kalau sekedar manufer iya tepat, Anies cukup kuat suaranya di bassis islam, dan sebagai strategi politik udah tepat,” jelas Faisal.

Lebih rinci Faisal menyinggung langkah yang Anies lakukan untuk maju sebagai bakal calon presiden 2024 tidak pasti mulus, mengingat rentetan trek record kepemimpinannya membuat stigma negatif di masyarakat.

“Anies juga punya cacat politik di kampanye DKI Jakarta pertama, masyarakat juga trauma dalam politik agama itu,” tandasnya.

Diketahui, Anies merupakan bacapres yang diusung tiga partai politik yakni NasDem, Demokrat dan PKS.

Tiga parpol itu telah menandatangani piagam koalisi perubahan untuk persatuan (KPP).

Adapun saat ini berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan dimulai pada 19 Oktober sampai dengan 25 November 2023.