Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Kalau Timnas Israel ke Indonesia, PA 212 Akan Buat Aksi Perlawanan

×

Kalau Timnas Israel ke Indonesia, PA 212 Akan Buat Aksi Perlawanan

Sebarkan artikel ini
Wakil Sekretaris Jenderal Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin. (foto: ist).
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Wakil Sekretaris Jenderal Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin secara tegas menolak kedatangan timnas Israel untuk berlaga di Piala Dunia U-20 di Indonesia pada Mei 2023 mendatang.

Alasan penolakannya ialah, Novel menganggap Israel sebagai negara penjajah yang telah mencaplok tanah Palestina dan menduduki wilayah Yerussalem Timur, yang menjadi lokasi suci bagi umat Islam, yakni Masjid Al-Aqsa.

Example 300x600

Lantas Novel menyinggung fundamen pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 yang menyatakan bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan.

“Nah dengan semangat ini artinya landasan konstitusi loh yang kita pegang, harus ditolak timnas Israel ini karena menerima timnas Israel ini sama juga artinya legitimasi daripada penjajahan yang ada di dunia ini,” kata Novel Bamukmin kepada wartawan di Jakarta, Selasa (21/3/2023).

Menurut Novel, apabila pemain timnas Israel tetap ngotot menginjakkan kaki di Tanah Air, maka konsekuensinya adalah PA 212 akan melakukan aksi perlawanan berupa demonstrasi menolak kedatangan pemain mereka di bandara.

Kendati begitu, Novel mengeklaim nantinya aksi unjuk rasa tersebut tidak akan berlangsung anarkis, tetap berada di jalur konstitusi.

“Mungkin bisa juga kita demo ke bandara untuk menolak timnas Israel hadir, begitu juga ke stadion di mana ada timnas Israel (bertanding) kita akan melakukan aksi-aksi perlawanan. Bagaimanapun kita harus bisa menolak timnas Israel. Tentunya secara jalur-jalur konstitusi,” kata Novel Bamukmin.

Sementara, Plt Menpora Muhadjir Effendi mengatakan pemerintah Indonesia sedang mengkaji soal teknis kedatangan timnas U-20 Israel ke Indonesia. Menurutnya, Indonesia sudah telanjur berkomitmen untuk menjadi penyelenggara U-20.

“Posisi kita jelas, jadi kita pemerintah Indonesia tidak akan beringsut sejengkal pun dalam menegakkan konstitusi itu. Hanya memang kita juga sudah berkomitmen untuk menjadi penyelenggara ketempatan event itu, dan saya kira kita sepakat bahwa event ini sangat strategis untuk mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia,” kata Muhadjir.

Example 300250
Example 120x600