Berita

Bunga Edelweis di Ranca Upas Bandung Hancur Digilas Peserta Motor Trail

×

Bunga Edelweis di Ranca Upas Bandung Hancur Digilas Peserta Motor Trail

Sebarkan artikel ini
Kondisi rumput edelweis yang hancur akibat dilindas oleh peserta motor trail di Ranca Upas, Ciweday, Kab. Bandung, Jawa Barat. (Foto : ist)

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Belum lama beredar video viral petani yang marah akibat ulah peserta motor trail di Ranca Upas, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Minggu (5/3/2023).

1513
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Akibatnya ratusan tanaman bunga edelweis rawa hancur tak tersisa. Hal itu antaran rumput hijau diarea itu hancur seketika.

Bahkan kontur tanah yang tadinya padat berubah menjadi lumpur. Terlihat juga sisa bunga rawa edelweis yang rusak dan layu akibat ulah para pengendara motor trail tersebut.

Melihat kejadian itu, pria yang diduga penjaga kawasan Ranca Upas bernama mang Uprit ini melampiaskan kekesalannya dan viral di media sosial. Ia menyebut telah susah payah menjaga tanaman endemik ini. Ditambah proses pertumbuhan bunga edelwis rawa ini memakan waktu.

“Teruntuk panitia di acara event trail di Kampung Cai, Ranca Upas, khususnya buat orang Perhutani yang memberikan kebijakan, memberikan izin terkait acara tersebut, lihat nih dampaknya, seperti ini, hancur!” kata Mang Uprit dalam video tersebut dengan nada kesal yang viral dimedia sosial dikutip TeropongNews, di Jakarta, Kamis (9/3/2023).

Tak hanya itu, iya juga mengatakan tanaman bunga edelwies rawa ini hanya ada di dua tempat di Indonesia, yakni di Garut dan di Ranca Upas sendiri. Ia meminta pihak Perhutani untuk segera memberi sanksi bagi penyelenggara event yang tidak bertanggung jawab.

Sebelumnya diketahui kawasan Ranca Upas merupakan tempat wisata yang terkenal dikalangan wisatawan. Tempat ini memiliki lahan hijau yang luas dan bisa dijadikan lokasi untuk pergi kemping bersama keluarga.